348 Desa di Lampung Masih Tertinggal

Minggu, 17 April 2016
Ilustrasi Desa Tertinggal. Gambar: IST

Lampung Centre- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia merilis desa-desa tertinggal di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Kemendes sebanyak 348 desa di Provinsi Lampung masuk katagori desa tertinggal.

Daftar Desa Tertinggal di Lampun. Sumber Kemendes

Daftar Desa Tertinggal di Lampun. Sumber Kemendes

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan dana desa membangkitkan gairah pembangunan di pedesaan. Ia mengingatkan dana desa tahun ini harus diprioritaskan pada tiga hal, antara lain infrastruktur, sarana dan prasarana, serta pengembangan ekonomi desa. “Prioritas pertama membangun infrastruktur desa seperti jalan, irigasi, gorong-gorong, dan lain lain. Kedua bisa untuk sarana-prasarana seperti PAUD, posyandu, Poskesdes. Ketiga untuk buat BUMDesa, pasar desa, kegiatan yang bersifat ekonomi,” jelas dia di Jakarta, Minggu (17/4).

Menurut Marwan, Presiden Jokowi berkomitmen penuh untuk menjadikan desa sebagai salah satu program utama. Dana desa juga melahirkan gairah membangun di pedesaan dan respon masyarakat pun positif. Marwan menyebut dana desa mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahun ini yakni dari sebelumnya Rp270 juta per desa menjadi Rp700 juta di desa. Alokasi dana desa di APBN 2016 mengalami peningkatan, dari sebelumnya Rp20,7 triliun menjadi Rp46,9 triliun.

Menteri Marwan mengingatkan agar dana desa tidak digunakan untuk membangun kantor desa atau yang diluar peruntukkannya. (Dbs/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar