5 Fakta Unik Ini Warnai Aksi Damai 4 November

Sabtu, 05 November 2016
Massa Aksi Damai 4 November bergerak menuju Istana Negara. Foto: Istimewa.

 

Lampung Centre – Aksi damai demo yang meminta pihak berwajib mengusut tuntas dugaan kasus penistaan agama yang  dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok berakhir dengan sedikit ricuh. Kerusuhan aksi 4 November kemarin bermula ketika ratusan ribu massa tidak membubarkan diri dari depan Istana Negara, meski sudah ditentukan demo harus berakhir pukul 6 sore.

Massa yang merasa tidak puas lantaran permintaannya untuk menyampaikan tuntutannya langsung kepada presiden tidak terpenuhi diduga disusupi provokator, sehingga terjadi bentrokan dengan aparat pengamanan. Namun di balik aksi kemarin, ada beberapa fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Apa saja itu?

1. AA Gym Menyapu dan Memungut Sampah

Media dihebohkan dengan aksi yang tak biasa dari Abdulah Gymnastiar atau Aa Gym. Dai kondang ini ternyata tidak hanya berdemo, tapi juga memunguti sampah serta menyapu jalanan yang dilewati oleh para demonstran. Sayangnya aksi mulai A Gym ini harus dinodai oleh kelompok massa melakukan kericuhan di malam hari, sehingga sampah kembali berserakan di depan istana negara.

2. Melimpahnya Nasi Bungkus dan Air Mineral

Menurut laporan berbagai media, nasi bungkus dan air mineral untuk konsumsi demonstran terbilang cukup melimpah dan banyak jumlahnya. Hampir dipastikan setiap demonstran mendapat konsumsi yang sesuai saat aksi menuntut pengusutan kasus penistaan agama ini berlangsung.

3. Etnis Tionghoa dan Pemuda Kristiani Ikut Turun Ke Jalan

Ternyata ada juga etnis Tionghoa dan kelompok pemuda Kristiani yang ikut demonstrasi ini, meskipun aksi ini nyata-nyata memprotes gubernur Basuki Tjahja Poernama alias Ahok. “Kita akan turun bersama organisasi pemuda non Muslim lain seperti Pemuda Katolik, Generasi Muda Khonghucu (GEMAKU), demi mengembalikan kebhinekaan yang telah dirusak Ahok,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI), Ardy Susanto.

4. Sejumlah Selebritis Juga Ikut Berdemo

Sejumlah selebritis juga terpantau berada di lokasi saat aksi demo berlangsung. Mereka diantaranya adalah Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, David Chalik dan juga aktor serta anggota dewan Lucky Hakim.

5. Polisi Bershalawat dan Polwan Berhijab

Tak hanya tindakan represif yang diambil oleh aparat untuk mengendalikan aksi demo pada 4 November kemarin. Mereka juga melakukan pendekatan personal dengan menerjunkan polisi yang bershalawat dan juga polwan berhijab. Meskipun awalnya hal ini cukup efektif meredam aksi massa, namun sayang pada malam hari kerusuhan pun sempat meletup juga di depan Istana Negara.

(Sumber: Beranda/Dbs).

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar