Akademisi Unila : PNS Meriahkan HUT Korpri Tidak Berpolitik

Selasa, 28 November 2017
Akademisi Universitas Lampung (Unila), Dedi Hermawan. (Foto: Ist)

Lampung Centre – Isu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Lampung berpolitik menjelang Pilkada Lampung 2018 dimentahkan Pengamat Politik Lampung, Dedi Hermawan. Kegiatan ulangtahun Korpri yang diselenggarakan Pemprov Lampung, Minggu (28/11) merupakan acara resmi kedinasan yang rutin gelar setiap tahun. Jadi seluruh PNS yang mengikuti acara tersebut tidak melanggar aturan.

“Yang dimaksud pelanggaran adalah, jika sudah memasuki tahapan pilkada yang sudah di jadualkan oleh penyelenggara, namun PNS masih tetap mengkampanyekan calon yang didukungnya. Jika belum memasuki tahapan maka boleh-boleh saja,” tegas Dedi Hermawan, Selasa (28/11).

Dedi Hermawan melanjutkan, PNS memiliki hak suara. Jadi tidak masalah jika PNS menentukan pilihan sesuai hati nurani mereka. Juga tidak masalah jika PNS memberikan suaranya pada calon Petahana.

“Jika PNS mendukung dan memilih calon incumbent itu hak mereka. Yang jadi masalah itu jika PNS menjadi tim sukses yang namanya didaftarkan secara syah ke KPU,” imbuhnya.

Terkait kegiatan jalan sehat dan speda santai yang merupakan rangkaian acara HUT Korpri Pemprov Lampung, dimana ada peserta yang mengenakan kaos bertuliskan “Ridho Lanjutkan”, menurut Dedi Hermawan itu bukanlah masalah dan pelanggaran.

“Salahnya dimana, Ridho Ficardo memang gubernur Lampung. Menurut saya, tulisan “Ridho Lanjutkan” merupakan bentuk ekspresi kecintaan PNS Pemprov Lampung pada atasannya, jadi sah-sah saja.” tuntasnya.

Diketahui, Minggu (26/11) pagi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heri Suliyanto, mewakili Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo memberikan sambutan di acara jalan sehat dan sepeda santai hari ulang tahun (HUT) ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2017 dan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-72 Tahun 2017 tingkat Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, lingkup kantor Gubernur Lampung bertema ’46 Tahun Korpri Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa’.

Target acara ini, meningkatkan jiwa korsa sesama anggota dan meningkatkan kinerja anggota Korpri di semua tingkatan, diharapkankan tema tersebut dapat dijadikan momentum memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Melalui Korpri di semua tingkat kepengurusan,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Heri Suliyanto.

Heri berharap jalan sehat dan sepeda santai ini dapat meningkatkan hubungan kekeluargaan, persaudaraan dan persahabatan. Sekaligus memperkuat rasa korsa antar sesama peserta, baik PNS, ASN, TNI, Polri, Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat,  olahraga dapat dijadikan kebutuhan hidup, sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan bagi diri sendiri. (*/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar