Andi Surya Berharap Kapolda Baru Mampu Tentramkan Masalah Lahan

Sabtu, 06 Januari 2018

Lampung Centre – Bergantinya Kapolda Baru Lampung dari Irjen Suroso kepada Irjen Suntana tentu harus dimaknai sebagai sebuah dinamika dalam tubuh Polri.

Anggota DPD RI, Andi Surya, memberi masukan kepada Irjen Suntana, dengan apresiasi yang tinggi dan meminta agar memahami karakter Lampung dari segala aspek.

“Saya mengapresiasi pergantian Kapolda. Untuk Kapolda baru sebaiknya memang hrs cepat mengenali karakter Provinsi ini baik dr aspek demografis, budaya, politis, dan kriminalitas secara umum,” dalam rilisnya, Sabtu (6/1).

Andi Surya melanjutkan, persoalan mendasar yang menjadi sentral keresahan rakyat adalah kasus-kasus pertanahan, baik HGU, HPL, HGB, dan GroonKaart.

Salah satunya, seperti kasus tanah GroonKaart Belanda yg diklaim PT. KAI, padahal lahan2 GroonKaart ini sudah ditempati rakyat kebih dari 50 tahun lalu. Lalu juga terkait dengan status rumah2 dinas yg ditempati keluarga pensiunan PJKA yang telah ditempati ahli waris juga lebih dari 40 tahun lalu.

Andi Surya berharap, sebaiknya Kapolda baru dapat melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran kepolisian terutama Polresta Bandarlampung utk melakukan pengamanan menjaga status quo saat ini. Oleh karena kasus tanah GroonKaart ini masih dalam advokasi Badan Akuntabilitas Publik DPD RI, maka status lahan dan rumah2 dinas itu adalah merupakan hak dari ahli waris karena lahan GroonKaart dikuasai negara bukan milik BUMN PT. KAI.

Apalagi warga rata2 memegang surat pemberian rumah dinas dr PJKA saat itu, PBB, pembayaran listrik, dan sebagian sudah mengantongi Surat Keterangan Lahan sebagai alat bukti yang ditempati warga saat ini. Untuk merujuk masalah ini kembali pada UUPA no. 5/1960 dan UU Perkeretaapian No. 23/2007 yang menegaskan lahan PT.KAI adalah enam meter kiri kanan rel, tidak lebih.

“Kami berharap, agar Kapolda Baru dapat mengarahkan Polresta untuk tidak membantu PT. KAI dalam menggusur atau mengosongkan rumah2 dinas PJKA milik warga seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Saat ini tahun politik, mari kita bersama menjaga tatanan ketentraman dan kenyamanan di tengah masyarakat agar Pilkada tidak terganggu kehebohan disepanjang rel kereta api di Bandar Lampung khususnya.” terusnya.

Di akhir rilis, Andi Surya juga mengucapkan terima kasih kepada Irjen Suroso dan mendoakan agar suskes dan amanah dalam menjalankan tugas barunya.

“Akhirnya saya mengucapkan terimakasih kepda Irjen Suroso semoga mendapat sukses dalam pengabdian baru, dan semoga Kapolda Baru Irjen Suntana sukses membawa Polda Lampung sebagai aparat kemanan yang dicintai warga,” tutup Andi Surya. (rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar