Bachtiar Basri: ASN Harus Memiliki Inovasi

Rabu, 17 Februari 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri

Bandarlampung, LC – Pegawai Negeri Sipil khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung harus memiliki paradigma tentang inovasi sehingga mampu merubah otonomi ke arah lebih baik. Pernyataan ini diutarakan Gubernur Lampung Bachtiar Basri Selasa (16/02) saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Diklatpim Tingkat III Angkatan I dan II Tahun 2016 di Aula Bandiklatda, Hajimena Lampung Selatan.

Wakil Gubernur menambahkan keberhasilan masa depan pemerintahan dapat tercermin dari peserta diklat seperti saat ini. Karena pejabat eselon III merupakan motor dari SKPD yang menggerakkan dan mengarahkan konsep tentang pemerintahan yang baik. “Tentunya hal ini merupakan sebuah tantangan yang harus dijawab dengan kerja nyata dalam membawa perubahan yang baik dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Keberhasilan suatu pemerintahan atau lembaga juga sangat tergantung kepada pimpinan selaku leader yang terus mengevaluasi kekurangan pada organisasi yang dipimpinnya, salah satunya menempatkan diri sebagai seorang guru dengan terus membaca dan terus belajar mengkoreksi akan kelemahan dan kekurangan di organisasi yang dipimpin olehnya.

Wakil Gubernur juga memaparkan, Diklatpim merupakan salah satu instrumen pembinaan bagi aparatur dalam sebuah bingkai manajemen kepegawaian untuk meningkatkan    kompetensinya. Sehingga nantinya mampu menjadi menciptakan perubahan positif di instansinya serta dapat  memberikan pelayanan terbaik dan mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Governance, terutama aspek transparansi, akuntabilitas dan partisipatif.  “Untuk dapat mewujudkannya, tidak saja diperlukan sumber daya materil dan  keuangan, tetapi juga aparatur sipil negara yang mampu menentukan keberhasilan penyelenggaraan roda pemerintahan, peningkatan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” jelasnya.

Sosok ASN yang mampu memainkan peran tersebut adalah aparatur negara yang memiliki kompetensi sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan, bermoral, profesional dan bertanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu sebagai perekat pemersatu bangsa”, tutup Wakil Gubernur Lampung menutup sambutannya. (Rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar