Bawaslu : Herman – Sutono Massif Pasang APK Liar

Rabu, 28 Maret 2018
Contoh APK Liar pasangan nomor urut 2 Herman HN - Sutono yang dianggap Bawaslu Lampung melanggar aturan.

Bandarlampung (Lampung Centre) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung mengatakan pasangan nomor urut 2 di Pilgub Lampung 2018 Herman HN – Sutono paling banyak melakukan pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) liar.

Demikian diungkapkan Bawaslu dalam rapat koordinasi yang berlangsung selama empat jam bersama pihak kepolisian, kejaksaan, polisi Pamong Praja, dan liasion officer (LO) empat pasang calon di kantor Bawaslu Lampung, Selasa (27/3).

Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar memaparkan, dari hasil penelusuran Bawaslu periode periode 23 Maret – 26 Maret 2018, pasangan Herman HN – Sutono terbanyak melakukan pelanggaran dengan temuan sebanyak 39 titik APK liar.

“Paslon 1 lima titik, Paslon 2 ada 39 titik, Paslon 3 ada empat titik, dan paslon empat nol atau tidak ada APK liar ,” jelas Iskardo.

Dengan banyaknya temuan APK liar, Iskardo mengatakan Bawaslu akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera melakukan penertiban.

“39 titik yang tidak sesuai aturan, jadi ini mayoritas Paslon nomor 2 disusul Paslon 1 dan 3. Yang massif kami temukan Paslon 2. Dalam hal ini, ada kewenangan Bawaslu koordinasi dengan Polda pp dan nanti pol pp mencopot,” ucapnya.

Dikemukakan Iskardo, beberapa hari terakhir masalah APK liar menjadi buah bibir masyarakat dan media karena dianggap tidak sesuai dan terindikasi menyalahi aturan.

“APK (yang dipasang Palson) hanya boleh di pasang di posko sesuai tingkatan masing-masing Sekretariat partai pendukung dan lokasi kampanye. Di luar itu yang dipasang calon kami sebut sebagai APK liar,” terangnya.

Dalam rapat evaluasi kemarin hadir empat tim paslon, yakni Levi Tuzaidi sebagai Liasion Officer Paslon nomor urut 1 M. Ridho Ficardo – Bachtiar Basri, Deddy Amrullah LO Paslon nomor urut 2 Herman HN – Sutono, Yuhadi selaku LO paslon nomor urut 3 Arinal Djunaidi – Chusnunia (Nunik) dan Sultan tim hukum Paslon nomor urut 4 Mustafa – Ahmad Jajuli. (*/Sep)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar