BHR: Di Lampung Gerhana Terlihat 95 Persen

Selasa, 08 Maret 2016
Perwakilan Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Lampung Said Jamhari meninjau titik gerhana di depan Balai Keratun, Senin (7/3).

Lampung Centre – Perwakilan Badan Hisab Rukyat (BHR) Provinsi Lampung Said Jamhari mengatakan pada Rabu (9/3) mendatang Provinsi Lampung akan mengalami gerhana 95 persen. Hal tersebut disampaikannya seusai melakukan peninjauan titik lokasi pengamatan gerhana matahari di depan Balai Keratun, kemarin (7/3).

Kendati Lampung tidak termasuk Provinsi yang dilintasi oleh gerhana matahari total pada Rabu (9/3) mendatang, Said Jamhari memperkirakan Provinsi Lampung akan mendapatkan jatah gerhana sebagian 95 persen.

Menurutnya Gerhana sebagian tersebut akan berlangsung mulai pukul 06.45 wib, dengan puncaknya pada pukul 07.30 wib dan berakhir pukul 8.30 wib.

Lebih lanjut Said menjelaskan bagi seluruh masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari sebagaian yang terjadi di Provinsi Lampung dapat menggunakan lensa pengamat untuk melihat pergerakan posisi matahari dan bulan.

“Jika dilihat dengan menggunakan mata telanjang tidak akan terlihat jelas namun jika menggunakan lensa pengamat atau kaca film 100% maka pergerakan akan terlihat jelas”, ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah sebelumnya Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menghimbau seluruh masyarakat dan jajaran aparatur Pemerintah Provinsi Lampung akan melaksanakan sholat gerhana di Lapangan Korpri pada Rabu (9/3) mendatang.

“Sholat rencananya akan dimulai pukul 06.00 Wib, selain itu Gubernur juga menghimbau pada seluruh Bupati dan Walikota beserta jajaran dan masyarakat untuk sholat gerhana di wilayahnya masing-masing”, jelasnya.

Pada tanggal 9 Maret 2016 diprediksi terjadi gerhana matahari total, yang jalur totalitasnya melewati 12 provinsi di Indonesia yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

“Adapun Jakarta dan kota lainnya seperti Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian,” ujarnya. (rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar