Cegah Vaksin Palsu, Diskes Sarankan Warga Imunisasi ke Posyandu

Kamis, 30 Juni 2016
Foto:Istimewa

Lampung Centre – Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung mengimbau masyarakat dalam melakukan imunisasi dasar bayi di bawah lima tahun (Balita) pada pos pelayanan keluarga berencana – terpadu (Posyandu) yang ada di lingkungannya.

Humas Diskes Provinsi Lampung Asih Hendrastuti mengatakan, dengan melakukan imunisasi dasar Balita di Posyandu dapat dipastikan terhindar dari vaksin palsu yang marak beredar sekarang ini. Asih menjelaskan, Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.

Posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita. Posyandu media deteksi dini kasus-kasus malnutrisi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita. “Vaksin yang ada di puskesmas (Posyandu) dipasok dari PT Bio Farma, produsen vaksin yang diawasi pemerintah. Dipastikan aman dari vaksin palsu, sebab semua kebutuhan Posyandu diperoleh dan didistribusikan oleh diskes setempat,” kata Asih di ruang kerjanya kemarin.

Menurut Asih, pihaknya berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BP-POM) untuk mengantispasi peredaran vaksin palsu. Saat ini Diskes masih menunggu hasil uji laboratorium beberapa sample vaksin oleh BP-POM. “Untuk Lampung belum ditemukan kasus vaksin palsu. Kita tunggu hasil uji lab BPPOM,” ujarnya.

Sebelumnya, BP-POM Pusat melangsir daftar vakin palsu yang beredar di masyarakat. Pelaksana tugas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bahdar Johan Hamid, mengatakan, sejauh ini ada 12 jenis vaksin yang dipalsukan. Pelaku memalsukan vaksin yang diproduksi oleh PT. Biofarma, PT. Sanofi Grup, PT Glaxo Smith Kline (GSK). Badan POM membentuk tim dengan tiga perusahaan farmasi tersebut. “Tim bertugas mengidentifikasi keaslian produk vaksin di lapangan yang diduga palsu,” kata Bahdar kepada pers di Gedung BPOM, Jakarta, Selasa (18/6) lalu. (Iwan Kodrat)

Berikut 12 vaksin yang dipalsukan tersebut.

  1. Vaksin Engerix B
  2. Vaksin Pediacel
  3. Vaksin Eruvax B
  4. Vaksin Tripacel
  5. Vaksin PPDRT23
  6. Vaksin Penta-Bio
  7. Vaksin TT
  8. Vaksin Campak
  9. Vaksin Hepatitis
  10. Vaksin Polio bOPV
  11. Vaksin BCG
  12. Vaksin Harvix

 

Sumber: BP-POM

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar