Cetak Sawah Baru Dukung Peningkatan Produksi Padi

Kamis, 31 Maret 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri sedang membajak sawah dalam acara Panen Padi dan Gerakan Percepatan Tanam di Desa Tebing Karya Mandiri Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Foto: Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri berharap kegiatan cetak sawah baru dapat mendukung upaya peningkatan produksi padi secara berkelanjutan di Provinsi Lampung.

Bachtiar Basri menjelaskan, untuk mengimbangi laju alih fungsi lahan di  Kabupaten Mesuji pada tahun 2015 telah dilakukan cetak sawah seluas 1.100 Ha yang berasal dari pemerintah pusat dan daerah.

Selanjutnya di Tahun 2016  akan dilaksanakan cetak sawah seluas 15.260 Ha di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung diantaranya di Mesuji seluas 6.000 Ha, Tulang Bawang 4.850 Ha, Tuba Barat 1.000 Ha, Way Kanan 1.240 Ha, Pesisir Barat 500 Ha, Lampung Tengah 1.270 Ha, Pesawaran 350 Ha dan Metro seluas 50 Ha. “Untuk itu, kami berharap kegiatan pencetakan sawah baru di Provinsi Lampung dapat terus didukung oleh pemerintah pusat, sehingga Provinsi Lampung dapat sepenuhnya mendukung upaya peningkatan produksi padi secara berkelanjutan”, jelasnya dalam acara Panen Padi dan Gerakan Percepatan Tanam di Desa Tebing Karya Mandiri Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Kamis (31/3).

Wakil gubernur menjelaskan, bahwa dalam rangka mendorong peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai di Provinsi Lampung, pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya diantaranya melakukan revisi Peraturan Gubernur tentang pola tanam, serta memberikan bantuan pratanam yang juga dibantu oleh Kementerian Pertanian. “Pada kesempatan ini, kami juga menyatakan bahwa Lampung siap mendukung terwujudnya swasembada padi, jagung dan kedelai termasuk juga cabe dan bawang merah. Bantuan yang diberikan kepada Provinsi Lampung akan kami jawab dengan kinerja peningkatan produksi”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Mesuji Khamamik menjelaskan bahwa pada tahun 2015, Kabupaten Mesuji telah berkontribusi sebanyak 207.613 Ha GKG dari target 199.736 Ha. Hal ini menjadikan Mesuji salah satu lumbung beras yang pemasok gabah ke Palembang, Pringsewu serta Metro.

Untuk target tanam di Kabupaten Mesuji pada tahun 2016 adalah seluas 60.407 Ha. Untuk musim tanam periode Oktober – Maret realisasi tanam padi mencapai 39.667 Ha. “Sedangkan sisanya akan ditanam pada periode tanam gadu pada periode April-Sepetember yang sebentar lagi akan dimulai masa tanamanya”, ujarnya.  (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar