Demi PAD Iklan Rokok: Dispenda Halalkan Segala Cara

Sabtu, 07 Oktober 2017
Videotron di halaman kantor Plaza Pos Jl. Kota Raja. (Foto: Lampungcentre.com)

Lampung Centre – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Pendapatan Daerah (Dispeda) Kota Bandar Lampung ditengarai menghalalkan segala cara, diantaranya mensetujui penayangan iklan produk tembakau selama hampir 24 jam.

Padahal dalam PP 109 tahun 2012 pasal 29 menjelaskan, iklan produk tembakau hanya boleh ditayangkan pada pukul 21.30 hingga 05.00. Namun sayangnya, peraturan ini tampak belum berlaku di Bandar Lampung sebab masih banyak media luar ruang videotron yang menayangkan iklan produk tembakau dengan durasi yang tidak sesuai dengan amanah peraturan pemerintah.

Menyikapi peroslan ini, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandar Lampung Yanuardi mengatakan untuk penayangan iklan produk tembakau telah sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam peraturan daerah. Jika persyaratan telah sesuai, lanjutnya, pihak perusahaan advertising bebas menentukan waktu penayangan produk iklan tembakau, meski itu tidak sesuai peraturan pemerintah.

Kan itu kelengkapan sudah selesai, mau tayang 24 jam, mau tayang sepuluh jam itu terserah mereka (pihak perusahan), itu kan sudah ada perdanya. Kalau itu semua persayaratannya sudah lengkap, kita ini tidak bisa apa-apa. Kalau kita ketika itu persyaratan sudah lengkap, kita itu, karena income,” ujar Yanuardi kepada lampungcentre.com, Sabtu (7/10).

Dirinya menjelaskan, bila penayangan produk iklan tembakau dengan durasi hampir 24 jam telah diatur secara rinci dalam peraturan daerah dan peraturan walikota sebagai turunan PP 109 yang salah satu poinnya membatasi durasi penayangan produk tembakau. “Setelah peraturan pemerintah, itu ada turunannya yakni peraturan daerah dan peraturan walikota untuk mengaturnya secara teknis,” terangnya.

Videotron di Jalan P.Antasari yang juga menayangkan iklan produk tembakau hampir 24 jam. Foto: Lampungcentre.com

 

Videotron dipersimpangan Jl. Kartini – Wolter Monginsidi – A.Yani. (Foto : Lampungcentre.com)

 

Penayangan iklan produk tembakau di halaman kantor Pemerintah Kota Bandarlampung tepat berada diatas kaligrafi Al-Qur’an. Foto: Lampungcentre.com

(Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar