Diskes Lampung : Imunisasi Dasar Balita Wajib Terhindar dari Vaksin Palsu

Kamis, 30 Juni 2016
Balita sedang imunisasi di Posyandu. foto: Istimewa

Lampung Centre –  Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung meminta para orang tua yang memiliki bayi di bawah lima tahun (Balita) untuk mewaspadai marak beredarnya vaksin palsu.

Humas Diskes Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti mengatakan, para Balita harus terhindar dari vaksin palsu saat melakukan imunisasi dasar. Imunisasi dasar pada bayi adalah upaya pencegahan penyakit dengan cara pemberian beberapa vaksin imunisasi dasar yang harus diberikan pada bayi melalui oral maupun dengan cara penyuntikan.

Vaksin imunisasi merupakan mikroorganisme penyebab penyakit yang telah dilemahkan. Cara kerja vaksin imunisasi yaitu dengan menipu tubuh untuk merangsang sistem pertahanan tubuh. “Ini penting sebab imunisasi adalah pencegahan penyakit di masa yang akan datang. Untuk menghindari vakin palsu lakukan imunisasi ke Posyandu,” jelas Asih di ruang kerjanya kemarin.

Menurut Asih, ada lima imunisasi dasar yang wajib diberikan sejak bayi yakni, Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guerin) dilakukan sekali untuk mencegah penyakit Tuberkulosis. Vaksin diberikan segera setelah bayi lahir di tempat pelayanan kesehatan atau mulai 1 (satu) bulan di Posyandu.

Imunisasi Hepatitis B sekali untuk mencegah penyakit Hepatitis B yang ditularkan dari ibu ke bayi saat persalinan. Imunisasi DPT-HB 3 (tiga) kali untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis (batuk rejan), Tetanus dan Hepatitis B. Imunisasi ini pertama kali diberikan saat bayi berusia 2 (dua) bulan.

Imunisasi berikutnya berjarak waktu 4 minggu. Pada saat ini pemberian imunisasi DPT dan Hepatitis B dilakukan bersamaan dengan vaksin DPT-HB. Imunisasi polio untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit polio. Imunisasi Polio diberikan 4 (empat) kali dengan jelang waktu (jarak) 4 minggu serta, Imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak. Imunisasi campak diberikan saat bayi berumur 9 bulan. (Iwan Kodrat)

 

 Jadwal Imunisasi Dasar Balita

Sumber: idmedis.com

Sumber: idmedis.com

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar