Disnakeswan Cegah Penyebaran Flu Burung

Kamis, 31 Maret 2016
Ilustrasi Flu Burung. Sumber: Ist

Lampung Centre – Kemenkes RI mencatat penyebaran virus H5N1 alias flu burung hingga Maret 2016 terdapat di 17 kabupaten/kota di tujuh provinsi. Dari daftar kabupaten tersebut dua diantranya ialah Kabupaten Lampung Utara dan Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung terus memberikan sosialisasi kepada para peternak unggas agar memberikan vaksin terhadap ternak peliharaannya agar terhindar dari virus flu burung. “Laporan umumnya yang terkena yaitu hewan ternak ayam kampung dan saat ini telah diberi vaksin oleh dinas peternakan,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Desi Romas, Kamis (31/3).

Dirinya menjelaskan, sejauh ini pihaknya juga sering mensosialisasikan agar ternak rutin diberikan vaksin serta kandang harus selalu dibersihkan dan pakan ternak harus cukup baik agar hewan ternak terbebas dari virus flu burung. “Ya, kalau untuk vaskin kami menyediakan satu juta dosis untuk di Lampung,” tandas dia.

Selain itu penyemprotan disinfektan juga harus dilakukan untuk mengantisipasi wabah flu burung yang disebabkan oleh virus avian influenza (AI). Pihaknya memfokuskan penyemprotan di seluruh kandang ayam, itik maupun burung.

“Hal ini sebagai langkah pencegahan agar warga juga bisa melakukan penyemprotan unggas peliharaannya masing-masing, selain itu kita juga telah menyiapkan satu juta dosis vaksin untuk mencegah penyebaran flu burung,” kata Desi. (Septa Herian Palga)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar