Ditanya Soal Limbah, Kosasih Tuduh Warga Tebar Isu

Jumat, 08 Desember 2017
Gambar ILustrasi. (Sumber: Ist)

Lampung Centre – Kehawatiran masyarakat terkait limbah klinik Kosasih di Kelurahan Kupang Teba, Teluk Betung Utara (TBU), yang disampaikan langsung kepada wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) III DPRD Kota Bandar Lampung pada reses beberapa waktu lalu, membuat pihak balai pengobatan tersebut berang.

Pihak Kosasih mengatakan, keluhan yang disampaikan para warga kepada para legislator terkait limbah yang dikhawatirkan dibuang ke aliran sungai diseputaran klinik kosasih adalah isu. Dan Kosasih membantah adanya pembuangan sisa-sisa limbah pengobatan seperti sisa perban, obat merah, juga cairan lainnya.

“Tidak ada limbah, ya namanya klinik, paling orang hanya berobat saja. Enggak ada lah,” ujar Pengelola Klinik Kosasih, Tito Kosasih, saat dihubungi awak media, Kamis (7/12).

Menurut Tito, pembuangan limbah ke sungai seperti yang dikhawatirkan warga biasanya dilakukan oleh pihak rumah sakit. Dan klinik Kosasih tidak demikian.

“Iya ini kan namanya Klinik, kalau rumah sakit iya deh bisa buang limbah ke sungai, saya bingung kalau ditanya seperti ini,” ungkapnya.

Dirinya pun tegas membantah, bahwasannya klinik Kosasih tidak pernah membuang limbah apapun di sungai sekitar pemukiman rumah warga dengan dalih memahami aturan pengelolaan limbah.

“Kita ini pagi sore sudah ada petugas yang dapat dipercaya untuk mengambil sampah-sampah nya, kita tau aturan kok,” jelasnya.

Bahakan, dirinya mengaku, pihaknya juga telah mengantongi izin seperti Anilisis Dampak Lingkungan (Amdal) dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dari pemerintah.
“Semua perizinan yang dikeluarkan oleh pihak perizinan pun telah kami lengkapi, nggak ada yang kurang, yang namanya aturan kita taati kok,” tegasnya.

Nah, saat disinggung mengenai adanya keluhan masyarakat mengenai laporan klinik yang membuang limbah kesungai, pihaknya malah acuh dan seakan merasa mereka yang memang dibutuhkan masyakarat banyak.

“kalau enggak boleh, ngapain ada? Dan kalau masyarakat merasa tidak butuh Kosasih, ya kita juga nggak akan ada, Toh masyarakat nya yang butuh kita ini. Dan saya juga nggak tau ya ini isu atau apa, yang jelas kami ada untuk masyakat,” tandasnya. (Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar