Jalan Protokol Bandar Lampung Akan Dilengkapi Jalur Khusus Sepeda

Rabu, 15 November 2017
Gambar Ilustrasi. (Sumber IST)

Lampung Centre — Jalan protokol Kota Bandar Lampung kedepan akan memiliki jalur khusus untuk pengendara sepeda. Jalur khusus sepeda tersebut masuk dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Transportasi Angkutan Umum.

Kepala Bidang Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandar Lampung Ricardo mengatakan salah satu poin penting dalam Perda Tentang Transportasi Angkutan Umum ialah adaya jalur khusus untuk pengguna sepeda.

“Poin penting dalam perda itu disebutkan bahwa pemerintah harus menyediakan sarana dan prasana khusus untuk pengendara sepeda,” kata Ricardo, Rabu (15/11).

Namun dirinya mengatakan, untuk nama jalan yang akan ditambahkan jalur khusus sepeda belum ditentukan. Yang jelas jalur khusus untuk pengendara sepeda itu diutamakan dijalan-jalan protokol Kota Bandar Lampung.

“Kalau untuk nama jalan yang akan ditambahkan jalur khusus pengendara sepeda, kami belum tahu. Itu tergantung pemerintah kota Bandar Lampung. Yang jelas di jalan-jalan protokol,” sambungnya.

Selain itu dirinya juga mengatakan, pihaknya akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait untuk sangsi bagi para pengendara sepeda motor dan mobil yang melakukan pelanggaran masuk kedalam jalur khusus sepeda tersebut.

Sementara, Kepala Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Bandarlampung Imam Santoso, membenerkan adanya pasal yang mengatur bahwa Pemeriah setempat wajib untuk menyediakan jalus khusus untuk pengguna sepeda.

“Memang benar ada pasal yang mengatur bahwa Pemerintah wajib untuk menyediakan jalur khusus untuk pengedara sepada, namun untuk saat ini belum bisa diterapkan karena rencana itu akan kita bahas kembali dengan Dishub untuk sanksinya,” kata dia.

Namun untuk menyediakan jalur khusus pengendara sepada, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung tidak akan melebarkan jalan, dengan alasan anggaran yang tidak memadai.

“Kalau untuk pelebaran jalan kayanya tidak ada, sebab Pemkot sekarang sedang menghemat menggingat anggaran yang tidak mendukung,” ujarnya.

Walau begitu, politsi gerindra tersebut mengharapakan agar masyarakat dapat mendukung gagagsan pihanya bersama Pem erintah setempat untuk memajukan Kota Tapis Berseri.

“Kami (DPRD) hanya meminta agar masyarakat dapat mendukung gagasan kami dengan pemkot, jika masyarakat mendukung makan secara otomatis rencana ini akan berjalan,” tandasnya. (Septa Herian Palga)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar