DPRD Bandar Lampung Bahas Raperda Dengan Kemenkes

Kamis, 16 November 2017
Pansus DPRD Kota Bandar Lampung membahas Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular dengan pihak Kementerian Kesehatan RI. (Foto: DPRD Bandar Lampung)

Lampung Centre – Pansus DPRD Kota Bandar Lampung melakukan konsultasi langsung dengan Kementerian Kesehatan RI terkait Rencangan Peraturan Daerah (Raperda) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular yang rencananya akan disahkan dalam waktu dekat. Rombongan Pansus diterima oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes RI, dr. Sutrisno. MPH. DTM, Rabu (15/11).

 

Nandang Hendrawan, SE mewakili Pimpinan DPRD menyatakan konsultasi ini dimaksudkan agar Raperda Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular yang sedang dalam Pansus selaras dengan program Kementerian Kesehatan khususnya terkait dengan pencegahan penyakit menular.

 

Kemenkes menyatakan sangat mendukung adanya perda ini, karena penyakit menular penangannya harus dilakukan secara masif dilaksanakan secara lintas sektoral.

 

Tidak mungkin pencegahan dan penanggulangan penyakit menular ini ditangani oleh pemerintah saja, dia harus melibatkan berbagai pihak termasuk NGO yang bergerak dibidang kesehatan dan semua tindakan ini perlu regulasi dalam bentuk Perda, tandas Sutrisno.

 

Terhadap substansi materi raperda, pihaknya akan memberikan masukan tertulis setelah dikaji secara menyeluruh oleh Tim Ahli Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, janji Sutrisno.

 

Ketua DPRD Bandarlampung Hi. Wiyadi, SP. MM menyatakan masukan itu diharapkan dapat disampaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama agar raperda ini segera dapat disahkan. Sementara Imam Santoso Ketua Pansus konsultasi ini merupakan tahap akhir dari keseluruhan agenda pembahasan. “Setelah ini Perda akan kita sahkan,” tandas Imam Santoso. (dbs/rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar