DPRD Lampung Gelar Paripurna LKPJ Tahun Anggaran 2017

Senin, 21 Mei 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung mengagendakan rapat paripurna tentang penyampaian secara resmi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Lampung, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Lampung, Senin (21/5).

Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Lampung, Didik Suprayitno yang menyampaikan langsung laporan tersebut mengatakan, LKPJ yang disampaikan hari ini berbentuk buku yang nantinya akan dibahasa oleh panitia khusus (Pansus).

“Ya itu laporannya tentang kinerja pemerintah selama tahun 2017. Sesuai atau tidak dengan apa yang sudah direncanakan. Nanti akan dibahas oleh Pansus,” jelasnya.

Dalam penyampaiannya, Didik mengungkapkan, LKPJ Kepala Daerah Provinsi Lampung tahun 2017 merupakan informasi pwnyelenggaraan pemerintah daerah yang substansinya mencakup kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah secara makro. Penyelenggaraan urusan konkuren lanjutnya, meliputi 6 urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, dan 18 urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayananan dasar serta 8 urusan pemerintah pilihan.

“Ada juga penyampaian tentang fungsi penunjang urusan pemerintah daerah, urusan pemerintah umum, penyelenggaraan tugas pembantuan, serta penyelenggaraan tugas umum pemerintah yang sudah berlangsung 1 tahun,” jelas Didik.

Adapun 6 urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar yaitu, pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, trantibum dan perlindungan masyarakat, serta sosial. Sementara 18 urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar adalah, tenaga kerja, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pangan, pertanahan, lingkungan hidup, adminduk dan catatan sipil, pemberdayaan masyarakat desa, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, perhubungan, komunikasi dan informatika, koperasi dan UKM, penanaman modal, kepemudaan dan olahraga, statistik, persandian, kebudayaan, perpustakaan, dan kearsipan.

Dan untuk urusan pemerintahan pilihan meliputi, kelautan dan perikanan, pariwisata, pertanian, kehutanan, energi dan sumber daya mineral, perdagangan, perindustrian dan transmigrasi. Dalam Paripurna ini sempat skorsing 10 menit dan terpilih Apriliati dari Fraksi FPDIP sebagai ketua Pansus LKPJ dan Himawan Ali Imron (Partai Golkar) sebagai sekertaris. Pansus LKPJ 2017 yang beranggotakan 16 orang ini, akan melakukan evaluasi terhadap kinerja kepala daerah terhadap pertanggungjawaban anggaran 2017.

Laporan Detail Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Anggaran 2017, sebelumnya disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno. Menghadiri Ketua DPRD Dedi Afrizal dan Wakil Ketua Patimura. Tampak hadir, Wakapolda, Pj. Sekdaprov, Kajati, para kepala dinas, dan seluruh satker pemprov Lampung. (ADV)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar