Empat Parpol Resmi Mengusung Ridho-Hemli

Minggu, 07 Januari 2018

Lampung Centre – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi mengumumkan pasangan Muhammad Ridho Ficardo-Helmi Hasan di Pemilihan Gubernur Lampung (Pilgub) Lampung 27 Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan SBY, di Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat Minggu (7/1) sore sekitar pukul 17.15 waktu setempat.

Muhammad Ridho Ficardo menjabat Gubernur Lampung dan Helmi Hasan Wali Kota Bengkulu menurut SBY merupakan komposisi ideal. Dalam mengusung Ridho-Helmi, Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Gerindra.

“Lampung sangat dinamis dan menjadi pelajaran demokrasi kita,” kata SBY.

Pada pengumuman ini, Partai Demokrat tidak mengundang pasangan calon gubernur dan wakil.

“Setelah KPU menetapkan sebagai calon definitif, kami akan undang secara resmi ke Jakarta, agar bisa memberikan erdorsmen yang resmi,” kata SBY.

Dari 17 calon yang diusung, 14 di antaranya berasal dari Partai Demokrat dan dari 14 itu enam di antaranya Ketua Partai Demorkat. “Kebanyakan kader yang ada incumbent,” kata SBY.

Dalam kata pengantarnya, SBY mengatakan keputusan itu diambil setelah melewati proses dan dinamika panjang. Proses itu berlangsung selama empat bulan. “Pengambilan keputusan bukan hanya saya, tapi Majelis Tinggi Partai dan pengurus harian,” kata SBY.

Dalam menetapkan calon, kata SBY, ada empat kriteria yang diusung yakni integritas, kapasitas, disukai rakyat, dan elektabilitas. Selain itu, memenuhi parlemen treshold (PT) 20 persen.

Rapat pleno lengkap dan resmi tiga kali yakni Oktober, November, dan Desember 2017. Kemudian, rapat-rapat rutin yang intensif.

“Pembahasannya transparan dan akuntabel. Semua dibahas. Memang saya yang memutuskan tapi semua berdasarkan masukan dari berbagai pihak,” kata SBY. (lp/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar