Gubernur Lampung Minta Kepala Daerah Sholat Gerhana

Senin, 07 Maret 2016
Ilustrasi Gerhana Matahari

Lampung Centre – Gubernur M.Ridho Ficardo menghimbau kepada jajaran Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh masyarakat untuk melaksanakan Sholat Gerhana yang rencananya akan dimulai pukul 06.00 Wib, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung pada 9 Maret mendatang.

Gubernur juga menghimbau pada seluruh Bupati dan Walikota beserta jajaran dan masyarakat untuk sholat Gerhana di wilayahnya masing-masing. Hal ini mengingat tepat tanggal 9 Maret nanti akan terjadi gerhana matahari total yang melintas di sejumlah Provinsi di Indonesia.

Sebagaimana disampaikan BMKG melalui situs resminya, gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Pada tanggal 9 Maret 2016 diprediksi terjadi Gerhana Matahari Total, yang jalur totalitasnya melewati 45 kota di 12 provinsi di Indonesia.

“Gerhana matahari total akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016 nanti dapat diamati di 12 provinsi di Indonesia yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara,” jelasnya.

Adapun tujuh kota yang akan dilewati gerhana matahari total adalah Bengkulu, Palembang, Samarinda, Palu, Tanjung Pandan, Pangkalan Bun, dan Ternate. Adapun Jakarta dan kota lainnya seperti Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. (rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar