Gubernur Terpilih Arinal Gagas Diskusi tentang Pelayanan Publik dan Pemberdayaan TKI

Senin, 10 Juni 2019

Bandarlampung (Lampung Centre) – Gubernur terpilih Arinal Djunaidi menggagas diskusi tentang pelayanan publik dan pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengoptimalkan peningkatan pelayanan ke masyarakat dan perlindungan TKI di luar negeri.

Gagasan itu disampaikan Arinal di Bandara Radin Inten II, Bandar Lampung, usai melakukan kunjungan di Tambling Wildlife Nature Consevation (TWNC) di Kabupaten Pesisir Barat, Minggu (9/6).

Diskusi tentang peningkatan pelayanan publik tersebut, terkait rencana Arinal Djunaidi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam melayani masyarakat. “Konkretnya kita akan membuat layanan seperti Mall Online untuk melayani masyarakat di bidang perizinan dan usaha,” ujar Arinal.

Menurut Gubernur Terpilih ini, peningkatan pelayanan publik juga akan dilakukannya di bidang kependudukan agar dilakukan secara cepat, murah dan tepat waktu. Peningkatan pelayanan publik tersebut akan terkait dengan kualitas pelayanan, yang meliputi masalah administrasi kependudukan, dengan melakukan inovasi dalam melayani masyarakat. Inovasi tersebut diharapkan memudahkan pendataan penduduk ke depannya.

“Kita akan diskusikan kualitas pelayanan, termasuk inovasi dengan teknologi dan berbagai perkembangan yang bisa memudahkan pelayanan di bidang ini,” tambah Arinal.

Sedangkan diskusi tentang pemberdayaan TKI di luar negeri, khususnya di negara-negara yang banyak TKI-nya seperti Malaysia, Thailand dan Hongkong.

“Diharapkan dengan berbagai program pemberdayaan TKI ini kita bisa memaksimalkan Skill, kompetensi dan knowledge yang berguna bagi mereka agar lebih mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain,” ujar Arinal.

Pemprov Lampung, ujar Arinal, juga akan meningkatkan upaya perlindungan hukum ke para TKI dengan memberikan bantuan hukum, pendidikan hukum dan membela secara aktif terkait permasalahan hukum yang dihadapi TKI di tempat kerjanya.

Sejauh ini, selain perlindungan hukum, pemberdayaan TKI juga dilakukan pemerintah dengan meningkatkan skill atau keterampilan, seperti dikeluarkannya Perpres No 20/2018 yang bertujuan meningkatkan kualitas SDM TKI. (Rls/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar