Hasil Kajian dan Analisis Bawaslu Sutono Menyalahi Aturan

Minggu, 07 Januari 2018

Lampung Centre – Berdasarkan hasil analisis dan kajian, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung menyimpulkan terlapor atas nama Sutono diduga telah melanggar ketentuan netralitas aparatur sipil negara (ASN) sebagaimana diatur dalam undang – undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, dan peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik pegawai negeri sipil (PNS).

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, minggu (7/1).

Berdasarkan uraian kajian dan kesimpulan di atas, kata Khoir, maka bawaslu Lampung memberikan rekomendasi kepada Menteri Dalam Negeri, Gubernur Lampung dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Rekomendasi yang pertama, meneruskan dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) yang dilakukan terlapor (Sutono) kepada gubernur Lampung untuk dilakukan pembinaan dan/atau penindakan sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

Rekomendasi yang kedua, meneruskan dugaan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan terlapor (Sutono) kepada menteri dalam negeri (mendagri) untuk dilakukan pembinaan dan/atau penindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kemudian rekomendasi yang ketiga meneruskan dugaan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan terlapor (Sutono) kepada komisi aparatur sipil negara (KASN) untuk dilakukan pembinaan dan/atau penindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Karena yang bersangkutan (Sutono) secara sadar telah hadir dan mendeklarasikan diri sebagai calon wakil gubernur Lampung 2018 mendampingi Herman HN di kantor DPP PDIP pusat pada 4 Januari 2018. Sementara pengajuan pengunduran diri baru disampaikan pada 5 Januari 2018. Besok rekomendasinya kami kirimkan,” ujarnya wanita yang disapa Khoir ini. (ben/StL/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar