Hima Akuntansi Darmajaya Gelar Accounting Competition 2016

Rabu, 17 Februari 2016
peserta dari SMA/SMK/MA se Provinsi Lampung pada kegiatan Accounting Competition 2016 di Aula Gedung Pascasarjana kampus setempat, Selasa (16/03).

Bandarlampung, LC – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Hima-AK) Institut Informatika dan bisnis (IBI) Darmajaya menggelar Accounting Competition 2016 bertajuk ‘Bersaing Kompetitif, Sportif, dan Jadikan Modal Awal Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)’ di Aula Gedung Pascasarjana kampus setempat, Selasa (16/03).

Kegiatan yang menjadi agenda rutin tiap tahun ini menghadirkan 2 kategori perlombaan yakni Lomba Cepat Tepat (LCT) dan lomba uji kompetensi yang diikuti puluhan peserta dari SMA/SMK/MA se Provinsi Lampung. Ketua Pelaksana Agung Nurmanto mengatakan, Accounting Competition 2016 digelar untuk menciptakan individu-individu yang kompeten dibidang akuntansi, khususnya dikalangan pelajar.

“Selain mempererat tali silaturahmi antar pelajar, kegiatan ini juga untuk mengukur kemampuan para peserta di bidang akuntansi sehingga mereka dapat lebih mengembangkan ilmunya serta meningkatkan prestasi di bidang akademik,” ujar mahasiswa semester IV ini.

Agung menerangkan, untuk lomba uji kompetensi peserta akan diberi waktu 30 menit dalam membuat siklus akuntansi. Sementara lomba cepat tepat terbagi menjadi 3 babak. “Pertama masing-masing tim akan mengerjakan soal teka-teki silang (TTS), selanjutnya masuk ke babak rangking 1 dengan mengangkat papan untuk menjawab A atau B dari pertanyaan yang diajukan panitia. Kemudian, akumulasi skor dari 2 babak tersebut akan membawa 4 tim dengan nilai tertinggi masuk ke babak semifinal dan memperebutkan gelar juara,” papar Agung.

Lanjutnya, pemenang akan mendapat sertifikat, uang tunai, dan trophi juara umum, juara I, dan II untuk lomba cepat tepat, serta juara I lomba uji kompentensi. Sementara juri yang terlibat pada Accounting Competition 2016 yakni dosen jurusan Akuntansi IBI Darmajaya, Fitri Agustina, Delli Maria, Reva Meliana dan Taufik.

Kepala Bagian Intrakurikuler dan Konseling Biro Kemahasiswaan, Dedi Putra mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya mengucapkan selamat berkompetisi kepada para peserta.

“Saya sangat mendukung acara ini dan memberikan apresiasi kepada kepengurusan Hima-Ak yang sekarang dan kepada panitia yang telah bekerja keras hingga terselenggaranya Accounting Competition 2016 dengan baik dan sukses. Kepada para peserta diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sportif dan semangat berkompetisi,” kata dia.

Dedi menambahkan, melalui Accounting Competition 2016 juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sprotivitas serta menambah pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap akuntansi. Menurutnya, kalah atau menang dalam sebuah kompetisi itu hal biasa, yang terpenting adalah peserta bisa belajar dari pengalaman. “Sehingga peserta yang kalah bisa lebih termotivasi meningkatkan pengetahuannya, belajar lebih giat untuk meraih prestasi di event selanjutnya. Begitupula dengan yang menang nantinya jangan cepat merasa puas, melainkan termotivasi untuk lebih meningkatkan kompetensi untuk kembali meraih kemenangan di event yang lebih tinggi,” terangnya. (rls)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar