Honorer Pemprov Segera Masuk BPJS

Minggu, 21 Februari 2016
Pimpinan dan jajaran BPJS Kesehatan Bandar Lampung rapat dengan Pemerintah Provislnsi Lampung di ruang rapat Asisten Bidang Kesra Pemrov Lampung, Jumat (19/02) . Foto: Humas

Bandarlampung, LC – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Bandar Lampung akan memberikan fasilitas pelayanan kesehatan bagi tenaga kontrak di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bandar Lampung  Sofyeni pada rapat bersama Pemerintah Provislnsi Lampung di ruang rapat Asisten Bidang Kesra Pemrov Lampung, Jumat (19/2).

“BPJS Kesehatan Bandar Lampung sudah menyiapkan program jaminan kesehatan bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai (PPNPN), dimana PPNPN ini terdiri dari pegawai tidak tetap, pegawai honorer atau staf khusus yang honor maupun tunjangan atau honornya dibiayai oleh APBN maupun APBD,” kata Sofyeni.

Pembayaran iuran PPNPN akan dibayar menggunakan ABPN dibuktikan dengan surat perintah membayar (SPM) gaji atau pembayaran honor melalui bendahara yang sebelumnya sudah memperhitungkan iuaran pemotongannya.

Dalam penutupnya Sofyeni menjelaskan bila “Prosentase upah yang harus dibayarkan oleh peserta BPJS Kesehatan baik yang dibiayai APBN dan APBD sebesar 5 % dengan pembagian 3 % dari pemerintah dan 2 % dari honorer pribadi” imbuhnya.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana mengatakan program ini akan diawali lebih dulu dengan proses advokasi bagi tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. “Dimana kita akan bekerja sama dengan BPJS mendata tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung baik yang dibiayai APBD maupun APBN”, ujar Bayana.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Pemprov Lampung Elya Muchtar mengatakan, program ini merupakan bagian dari program jaminan kesehatan nasional (JKN) yang tengah digalakan oleh pemerintah pusat. “Dimana negara hadir memastikan rakyatnya terjamin akan kesehatannya, ini juga akan menimbulkan efek keadilan karena semua lapisan masyarakat menerima fasilitas jaminan kesehatan yang disediakan pemerintah,” imbuh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung ini. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar