Lampung Ingin Kembalikan Kejayaan Lada

Senin, 02 Maret 2015

Lampung Centre – Dinas Perkebunan Provinsi Lampung berencana mengembalikan kejayaan lada di Provinsi Lampung dengan cara memberikan pelatihan pada petani.

 

Bahkan, untuk mengembangkan mutu pengolahan lada agar meningkatkan nilai tambah pendapatan petani, pihaknya juga akan memberikan program penyuluhan.

 

“Kami berikan pelatihan atau melaksanakan serta peremajaan dan rehabilitas terhadap tanaman lada yang sudah tua dan tanaman kurang produktif,” kata Kasi Teknis Budidaya Perkebunan Lampung, Wherlian Ali KM, kemarin.

 

Sejak dulu Lampung memanag terkenal dengan lada. Sehingga tanaman ini harus dikembangkan, bukan malah dihentikan. Ia mengakui, banyak petani lada yang beralih ke komonditas lain karena perawatannya sangat sulit, banyak hama penyakit yang menyerang.

 

“Banyak petani lada meninggalkan usaha tani dan beralih ke komoditas lain. Praktek budidaya tanaman sehat, praktek pembibitan lada, karena kebanyakan hama penyakit, mengakibatkan kualitas lada kurang baik. Selain itu ada juga beberapa ladanya sudah tua, itu alasan mereka,” paparnya.

 

Sampai saat ini daerah penghasil lada terbaik masih berada dikawasan Lampung timur, Tanggamus, Lampung Utara (Lampura), serta Lampung Barat (Lambar). “Kami harapkan petani lada tidak cepat beralih komonditi, karena jika bukan kita siapa lagi,” imbuhnya.

 

Masih kata Wherlian Ali KM, sampai tahun ini ada kegiatan penyuluhan pada petani rehabilitasi tanaman lada untuk mengangkat kebudayaan lada.

 

Bahkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan dan mengawal kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan baik lada, kopi, sampai kita memberikan bantuan-bantuan alat kepada petani, dengan harapan semakin baiknya kualitas lada Lamung. “Lada lampung memang rata-rata belum kuat dan harus direhab,” tandasnya. (Septa Herian Palga).

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar