Investor China Ditawari Garap Sektor Energi dan Pelabuhan

Senin, 21 Maret 2016
Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri saat audensi dengan Konsulat Jenderal Negara China membahas investasi energi dan pelabuhan di ruang kerjanya. Foto Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung membuka peluang kepada investor asal China untuk menggarap sektor energi terutama batubara dan pembangunan pelabuhan.

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri mengatakan, pemprov membuka peluang bagi investor asing yang ingin membuka usaha di bidang energi dan pelabuhan di Provinsi Lampung. “Permasalahan energi di Lampung tidak hanya sebatas ketersediaan lahan ataupun pembangkit listrik, tapi masalah utamanya adalah ketersediaan energi itu sendiri. Sehingga kami sangat membuka peluang bagi para investor yang ingin berinvestasi di bidang energi terutama energi batubara,” ujar Bachtiar Basri ketika melakukan audiensi dengan Konsulat Jenderal Negara China di ruang kerjanya, Senin (21/03/2016).

Bachtiar Basri berharap, bahwa perusahan yang ingin berinvestasi adalah perusahan yang berkompeten dan serius untuk berkerjasama dalam membangun provinsi Lampung. “Sehingga dapat menjadi bagian menuju terwujudnya Lampung yang maju dan sejahtera,” harap dia.

Untuk pelabuhan, menurut Bachtiar, Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat besar dibidang tersebut. Untuk tahun ini, Pemprov Lampung berencana membangun 5 dermaga diantaranya Pelabuhan Laut di Batu Balai Tanggamus, Pelabuhan Laut di Pulau Tabuan, Pulau Sebesi, Sebalang di Lampung Selatan Lampung Selatan dan Stabas  Krui Kabupaten Pesisir Barat. “Selain itu potensi lain juga dimiliki oleh Way Seputih yang terus diupayakan menjadi Tol Laut karena memiliki potensi untuk menerima kapal-kapal bermuatan besar dari pulau Kalimantan dan Pulau Jawa dengan jarak tempuh yang lebih singkat”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Konsulat Jenderal, Negara Cina, Zhu Honghai menjelaskan, bahwa Provinsi Lampung memiliki sumber daya alam dan potensi yang melimpah sehingga banyak perusahaan dari negaranya yang ingin berivestasi.

Terkait hal tersebut, Zhu Honghai akan merekomendasikan perusahan-perusahan terbaik untuk bisa berinvestasi di Provinsi Lampung, khususnya di bidang energi dan pelabuhan. “Kantor kami juga sudah ada di Medan dan sudah merekomendasikan perusahaan di bidang energi di sana yang merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia, Ke depan akan kami rekomendasikan perusahaan-perusahaan terbaik untuk berinvestasi di bidang energi dan pelabuhan di Provinsi Lampung,” jelasnya. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar