IPB Dukung Kedaulatan Pangan Hingga Sektor Maritim Lampung

Rabu, 23 Maret 2016
Sekretaris Pemprov Lampung Arinal Djunaidi menjukan dokumen MoU dengan IPB. Foto: Humas

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung dengan Institut Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institute Pertanian Bogor (IPB) dapat mendukung kedaulatan pangan dan energi serta kedaulautan maritim dalam rangka Provinsi Lampung menjadi poros maritim Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa potensi pertanian Provinsi Lampung memberikan kontribusi PDRB rata-rata 30 persen per tahun.

Namun saat ini yang menjadi tantangan Pemerintah Provinsi Lampung di masa yang akan datang adalah terkait penyempitan lahan pertanian akibat alih fungsi lahan, lemahnya akses sumberdaya produksi bagi pelaku sektor pertanian, kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup, kondisi infrastruktur yang perlu peningkatan, dan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Sehingga melalui MoU antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan IPB ini diharapkan terjadinya perubahan dari kondisi eksisting menjadi integrated farming, dengan demikian pertumbuhan ekonomi dan produktivitas dapat terus meningkat, daya saing daerah meningkat sehingga disparitas antar wilayah dapat dikurangi,” ujar Arinal dalam acara Forum Diskusi Terbatas Sekaligus Penyerahan Simbolis MoU di Kampus IPB Kota Bogor Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/3).

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Kusmaryono menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan program-program penelitian strategis baik dibidang pertanian, peternakan, kehutanan serta bidang teknologi pertanian.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Mulyadi Irsan kondisi Provinsi Lampung kedepan diharapkan dapat integrated farming dalam rangka mendukung kedaulatan pangan dan energi,  kedaulatan maritim dalam rangka Lampung menjadi poros maritim Indonesia serta pelestarian sumber daya alam dan sumber daya gas yg berkelanjutan.

“MoU itu tujuannya untuk mendukung suksesnya pembangunan daerah Provinsi Lampung secara merata dan menyeluruh guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan optimalisasi realisasi pembangunan,” jelasnya. (rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar