Jadikan RTH, Stadion Pahoman akan Dibongkar

Kamis, 31 Maret 2016
Sketsa Sementara alihfungsi Stadion Pahoman menjadi RTH. Gambar: Biro Aset dan Perlengkapan Daerah Provinsi Lampung

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung memastikan akan membongkar Stadion Pahoman untuk dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung, Hanibal mengatakan, rencana Pemprov Lampung mengalihfungsikan Stadion Pahoman menjadi RTH bukan berarti menghalangi masyarakat melakukan aktifitas olahraga di area tersebut.

Namun, kata dia, untuk semua turnamen olahraga memang tidak bisa dilakukan lagi di Stadion Pahoman dan akan diarahkan di Stadion PKOR Way Halim Bandarlampung. “Stadion Pahoman kan ini terdaftar sebagai aset provinsi yang selama dikelola oleh Pemkot Bandarlampung. Bukan ga boleh berolahraga, fungsi olahraganya ada di situ. Tapi tidak bisa menggelar kompetisi lagi di situ,” kata Hanibal kepada sejumlah wartawan di komplek kantor gubernur Lampung, Kamis (31/3).

Menurut Hanibal, wacana pemprov merubah fungsi Stadion Pahoman dikarenakan Kota Bandarlampung tidak memiliki RTH sebagai paru-paru kota. Kepentingan ini, terus dia, pemerintah tidak bermaksud menghilangkan fasilitas olahraga yang sudah ada. “Kita tidak menemukan tempat lain di kota ini untuk dijadikan RTH. Coba teman-teman media bisa cari, ga ada kan? RTH juga untuk kepentingan masyarakat,” ujar Hanibal.

Beberapa cabang olahraga yang selama ini bermarkas di Stadion Pahoman seperti anggar, atletik, sepakbola akan dialihkan di PKOR Way Halim. “Ini tugas dinas Pemuda dan olahraga untuk mendatanya,” pungkas dia.

Sebelumnya,  Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung, Hanjar mengatakan, satuan kerjanya masih menunggu langkah konkret untuk menindaklanjuti rencana Pemprov Lampung merubah fungsi Stadion Pahoman menjadi RTH.

Hanjar mengatakan, pihaknya menunggu selesainya tahap perencanaan salah satunya Detailed Enggineering Design (DED) RTH tersebut. Dengan adanya RTH ini, Ia memastikan tembok Stadion Pahoman akan dihancurkan. “Ya iya dong dihancurkan, kan RTH itu ruang lahan luas yang terbuka seperti taman. Tapi tetap fungsi olahraga masih bisa di situ dan kegiatan lain yang biasa diadakan. Kita siap, menunggu ada perintah dari pemprov untuk pendirian RTH disitu, kalau kami tinggal eksekusinya saja,” kata Hanjar. (Iwan Kodrat)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar