Job Fair Upaya Turunkan Angka Pengangguran

Selasa, 15 Maret 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri didampingi Asisten III Bidang Kesra, Elya Muchtar dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung Sumiati Somad saat menyaksikan Job Fair HUT Lampung Ke-52. Foto Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya menurunkan angka pengangguran. Upaya tersebut melalui kegiatan pemberdayaan tenaga kerja sarjana (TKS), magang dalam negeri,  padat karya infrastruktur, padat karya produktif  dan tenaga kerja mandiri. “Sejak tahun 2010 hingga 2015, pemerintah telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan tenaga kerja sarjana (TKS) untuk 154 orang. Magang dalam negeri sebanyak 1.200 orang dan berbagai kegiatan lainnya untuk membuka lapangan kerja baru,” ujar Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri pada pembukaan Job Fair (pameran bursa kerja) di lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Selasa (15/3/2016).)

Wakil gubernur berharap, melalui kegiatan Job Fair akan terjalin mutual agreement yang saling menguntungkan antara pencari kerja dengan para pengusaha. Para pencari kerja secara langsung dapat mengisi posisi lowongan pekerjaan yang ditawarkan dengan jenis pekerjaan yang dimilikinya. Sementara pihak perusahaan juga dapat memanfaatkan moment ini untuk menyerap tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang mampu mendorong kemajuan perusahaan. “Kepada para pengusaha dan pencari kerja agar dapat membangun hubungan kerja yang harmonis, melalui pemenuhan norma kerja dan syarat-syarat mencerminkan adanya transparansi diantara keduanya, saling menghargai melalui komunikasi yang efektif. Selain itu, pengusaha hendaknya tidak menganggap para pekerja hanya salah satu faktor produksi semata. Begitu juga dengan para tenaga kerja, diharapkan memiliki etos kerja yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Sumiyarti Somad mengatakan, kegiatan Job Fair dilaksanakan selama 2 hari yakni Selasa dan Rabu (15 dan 16 Maret 2016). Acara dimulai pukul 09.00-17.00 WIB. Job Fair diikuti 44 perusahaan dengan total lowongan pekerjaan yang disediakan sebanyak 1.630 jabatan. “Para pelamar kerja diberi kesempatan seluas luasnya untuk bertanya langsung ke perusahaan yang akan dituju, sebelum memasukkan lamaran. Untuk itu manfaatkan kesempatan baik ini dan tanpa dipungut biaya atau gratis,” ujarnya. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar