Kanwil Kemenag Lampung Resmikan PTSP

Selasa, 21 Agustus 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si, didampingi Kakanwil Kemenag Lampung, Suhaili, Selasa (21/8).

Nur Syam berharap kehadiran PTSP ini dapat mempermudah akses publik terhadap layanan yang ada di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

“Program PTSP disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan perizinan, informasi seputar bantuan dan beasiswa, termasuk juga layanan aduan masyarakat. Pemberian layanan didasarkan pada standar operasional prosedur (sop) serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Pengelolaannya juga akan mengacu pada standar mutu pelayanan prima,” kata Nur Syam.

PTSP melayani antara lain pengurusan izin pembukaan program studi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), penyetaraan ijazah luar negeri, perizinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), pendirian Ma’had Aly pada pondok pesantren, serta pengaduan umum. Selain masyarakat umum, PTSP juga memberikan layanan pengajuan surat tugas dan surat izin belajar bagi pegawai Kemenag.

“PTSP merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama sebagai instansi yang bersih melayani. Kita upayakan semua proses menjadi lebih simpel, transparan, dan akuntabel,” terusnya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung, Suhaili mengatakan, PTSP ini akan terus dikembangkan. Dalam rancangan peta jalan e-government dan layanan publik Kemenag, PTSP adalah wujud awal pengintegrasian layanan yang selama ini terkotak-kotak dan tidak saling mendukung.

“Kita akan terus menyempurnakan sistem dan berbagai dukungan lainnya seperti penguatan sumber daya manusia, perangkat infrastruktur, dan sebagainya,” kata Kanwil Kemenag Lampung, Suhaili. (Septa)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar