Keberadaan Kosasih Kupang Teba Menimbulkan Kekhawatiran Warga

Kamis, 07 Desember 2017
Klinik Kosasih Rawat Inap Kupang Teba, TBU, Bandar Lampung. (Foto: Tim Ado)

Lampung Centre – Keberadaan klinik Kosasih di Kelurahan Kupang Teba, Kecamatan Teluk Betung Utara (TBU) menimbulkan kehawatiran warga yang bermukim diseputaran balai pengobatan tersebut.

Warga takut keberadaan klinik kosasih dapat merusak lingkungan karena dikhawaitrkan limbah pengobatan dibuang ke sungai. Kekhawatiran tersebut diutarakan warga kepada anggota DPRD dari Dapil III saat melakukan Aspirasi Masyarakat (Reses) pada Rabu lalu.

Warga Kupang Teba Ibnu Setiawan mengatakan, pendirian Kosasih tersebut, membuat warga ketakutan, karena bisa saja limbah berbahaya seperti kapas, perban, sampai jarum suntik dibuang ke sungai tepat disamping sungai itu. “Kami selama ini takut, lingkungan menjadi rusak, karena sungai disamping Kosasih bisa jadi tercemar karena limbah,” ujarnya, Rabu (6/12).

Oleh karena itu, warga mengadu ke DPRD, untuk melakukan kroscek dan meminta DPRD maupun pemerintah melihat langsung ke Kosasih apakah sudah ada pembuangan limbah yang baik atau belum.

“Kami ini kan orang awam, jadi enggak tau apakah limbah mereka di buang ke sungai apa enggak,” ujarnya.

Sementara, Anggota Komisi II DPRD dari Dapil setempat, M Yusuf Erdiyansyah Putra, mengatakan keluhan tersebut nantinya, akan ditindaklanjuti komisi III selaku yang membidanginya.

“Memang iya, warga mengeluhkan pembuangan limbah Kosasih itu , tetapi hal ini kan masih tanda tanya, apakah memang benar membuang limbah dikosasi apa enggak,” kata Yusuf.

Anggota Komisi III DPRD Bandar Lampung, Agusman Arif, mengatakan, berbahaya jika limbah kesehatan dibuang ke sungai , terlebih tercampur dengan limbah padat. “Banyak menimbulkan penyakit, karena tercampur dengan limbah kesehatan, apalagi bekas jarum suntik, dan perban,” ungkapnya.

Agusman mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti dan melakukan pemanggilan kepada klinik kosasih. “Kami segera melakukan pemanggilan kepada pengelola, dan kami pun akan melakukan korescek,” tandasnya. (Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar