Kemenpar Apresiasi Festival Krakatau 2016

Senin, 29 Agustus 2016
Gubernur Lampung bersama istri menerima dua penghargaan dari MURI pada acara festifal krakatau 2016. foto: Humas pemprov Lampung

Lampung Centre – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) sangat mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan Festival Krakatau 2016. Hal tersebut diutarakan Staff Ahli Bidang Kemaritiman Kemenpar RI Syamsul Musa dalam sambutan pembukaan Jelajah Budaya, Minggu (28/8).

Gubernur Lampung terima kalung bunga dari Gajah Way Kambas pada acara parade budaya festifal krakatau 2016. Foto Humas Pemprov Lampung

Gubernur Lampung terima kalung bunga dari Gajah Way Kambas pada acara parade budaya festifal krakatau 2016. Foto Humas Pemprov Lampung

Dirinya melihat, pada gelaran jelajah budaya kali ini pihak penyelenggara berhasil menarik perhatian para wisatawan dan masyarakat melalui benerapa pertunjukan yang ada dalam rangkaian kegiatan Festival Krakatau 2016 diantaranya pertunjukan tari topeng yang berasal dari berbagai daerah di Lampung.

“Tari topeng sendiri memiliki makna kesetiaan para leluhur tanah Sai Bumi Ruwa Jurai yang bersedia menjadi pengintai atau mata-mata atas perintah dari pemimpinan terdahulu. Sehingga untuk melesarikan kebudayaan tersebut digelarlah pertunjukan topeng setiap pertunjukan-pertunjukan besar di Lampung,” kata dia.

Gubernur Lampung menyaksikan parade budaya festifal krakatau 2016. foto humas pemprov Lampung

Gubernur Lampung menyaksikan parade budaya festifal krakatau 2016. foto humas pemprov Lampung

Pada kegiatan jelajah budaya kali ini, tarian topeng asal Lampung terdaftar dalam Musium Rekor Indonesia (MURI) dengan katagori peseta terbanyak yakni 1500 peserta. Dengan terdaftarnya salah satu rangkaian kegiatan Festival Krakatau 2016, dirinya berharap kegiatan ini bisa  dikembangkan serta terus dikemas dengan tema yang lebih menarik sehingga meningkatkan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Provinsi Lampung.

Dirinya menjelasakan 26 tahun sudah Festival Krakatau diselenggaran. Sejauh ini gelaran tersebut sangat membatu kementerian pariwisata dalam menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia. Sebab, festival kralatau merupakan salah satu kegiatan pariwisata Indonesia yang sudah dikenal seluruh masyarakat belahan dunia.

Apalagi setiap tahunnya kegiatan ini selalu mengusung tema berbeda yang mempunyai nilai jual tersendiri yang sangat menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia khususnya ke Lampung.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memberikan sambutan pada acara paredu budaya festifal krakatau 2016

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memberikan sambutan pada acara paredu budaya festifal krakatau 2016

Selain mengapresiasi terian topeng pada kegiatan jelajah budaya. Kemenerian sangat mengapreaiasi kegiatan lomba blog yang diikuti ratusan blogger dari berbagai belahan dunia. Menurut Syamsu lomba  blog merupakan salah satu ide kreatif yang diusung para penyelenggara untuk meningkatkan promosi pariwisata khususnya di Lampung.

“Tadi juga disampaikan Kepala Dinas Pariwiasata Lampung bahwa kegiatan ini juga mengundang para blogger. Ini merupakan salah satu ide kreatif karena setelah mengikuti kegiatan ini para blogger dapat menginformasikan pariwisata Lampung melalui tulisan. Kegiatan ini jelas sangat membantu promosi sektor pariwisata Lampung,” ujarnya.

25 tahun festival krakatau adalah sbuah fakta atau legasi yang tidak bisa dianggap sbagai festival biasa. Sudah saatnya dijadikan ajang promosi wisata tingkat daerah hingga internasional. (inforial)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar