Kemenristek Dikti Apresiasi Dosen Darmajaya

Jumat, 26 Februari 2016
Gedung Kampus IBI Darmajaya. Foto:ist

Bandarlampung, (LC) – Komitmen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya dalam mengembangkan desa diwujudkan Winda Rika Lestari dan Muhammad Said Hasibuan melalui pengembangan potensi Desa Gisting, Tanggamus, Lampung. Hal ini mendapat dukungan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Kedua dosen ini berhasil memenangkan hibah pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti untuk program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tentang peningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi masyarakat Desa Gisting.

Said mengatakan, saat ini ada 2 objek wisata yang dimiliki Desa Gisting yaitu kolam berenang butterfly dan bendungan peninggalan Belanda. Namun belum optimal, karena minimnya media informasi yang menyampaikan keberadaaan objek wisata tersebut.

Selain itu, lanjutnya, belum adanya penginapan yang terdapat disekitar lokasi wisata. Bendungan peninggalan Belanda yang menjadi danau tersebut hanya sebagai pemandian warga sekitar dan belum memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Melalui KKN-PPM ini akan dibangun kerjasama dengan mitra lokal yakni karang taruna, perangkat desa dan masyarakat. Salah satunya pemanfaatan Teknologi Informasi yakni Internet. Dengan adanya website kecamatan yang terintegrasi dengan website pekon. Nantinya tak hanya informasi kegiatan setiap pekon, namun informasi terkait kolam berenang butterfly dan wisata bendungan juga bisa dipasarkan melalui Teknologi Informasi,” ujar dosen Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya ini Said melanjutkan, nantinya danau buatan juga akan dikembangkan menjadi tempat wisata kuliner, pasar terapung, dan homestay dengan memanfaatkan rumah warga untuk menarik wisatawan luar maupun dalam karena kesejukan lokasinya.

Program KKN-PPM yang memperoleh dana hibah sekitar Rp 100 juta ini nantinya juga akan melibatkan mahasiswa IBI Darmajaya. “Kami ucapkan terimakasih karena program KKN-PPM ini mendapat dukungan dari Kemenristek Dikti. Semoga program ini nantinya dapat berjalan lancar sesuai dengan perencanaan serta memberikan manfaat besar bagi kemajuan daerah Desa Gisting, dan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitarnya,” harap Said.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset mengungkapkan, tahun 2016, IBI Darmajaya berhasil memenangkan 18 hibah penelitian, dan 10 hibah pengabdian masyarakat dari Kemenristek Dikti. Prestasi ini menjadikan IBI Darmajaya sebagai PTS peraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek Dikti terbanyak di Lampung.

“IBI Darmajaya berkomitmen dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi baik itu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Melalui pengabdian masyarakat, dosen maupun mahasiswa bisa terjun langsung ditengah masyarakat, memberikan ilmu, berkontribusi, dan membantu masyarakat demi kemajuan daerahnya,” tandasnya. (rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar