Ketua Aklinas Lampung Yakin PLN Siapkan Strategi Hadapi Puasa

Minggu, 05 Juni 2016
Petugas PLN sedang melakukan perbaikan. Foto:Ist

Lampung Centre – Listrik saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Bicara soal listrik, Provinsi Lampung punya cerita klasik yang baru-baru ini sempat menjadi sorotan publik karena pemadaman bergilir yang dilakukan PT.PLN (Persero) Distributor Lampung.

Bahkan keluhan pemadaman di Lampung sempat ramai membanjiri beberapa media social baik Blackberry Massanger (BBM), Facebook, Twitter hingga Instagram.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Listrik Nasional (DPD Aklinas) Lampung Triono Ariffin menilai PLN sudah berkerja keras mengatasi masalah kelistrikan di Lampung. Dirinya yakin, memasuki Bulan Suci Ramadhan PLN Lampung telah melakukan persiapan. Berikut wawancara lampungcentre.com dengan Ketua Umum DPD Aklinas Lampung Triono Ariffin.

Menjelang bulan suci Ramadhan ini banyak masyarakat merasa kawatir dengan pemadaman yang dilakukan PLN. Menurut Bapak sendiri apa sikap yang harus dilakukan PLN untuk mengatasi persoalan ini?

Memasuki ramadhan ini, PLN memang harus menyiapkan siasat bagaimana melakukan pemulihan-pemulihan dan pengurangan jadwal padam. Karena sehubungan pada bulan ramadhan ini semua sangat membutuhkan hal-hal tersebut, dan saya rasa untuk masalah ini PLN juga sudah bekerja keras.

Sepengetahuan Bapak apa saja upaya-upaya yang sudah dilakukan PLN?

Salah satunya sudah melakukan beberapa penambahan daya dibeberapa titik yang dianggap perlu, penambahan mesin pembangkit listrik, dan terakhir informasinya PLN juga tengah menyiapkan mobil power plant (pembangkit yang mobile).

Pada tahun-tahun sebelumnya ketika bulan suci Ramadhan banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan PLN karena kerap melakukan pemadaman pada jam-jam penting. Menurut Bapak bagaimana untuk tahun ini?

Saya yakin PLN juga sudah memikirkan masalah ini. Yang jelas pada perinsipnya kami dari asosiasi akan selalu mendorong dan membantu apa yang bisa kami bantu untuk PLN menyikapi permasalahan ini.

Menurut Bapak pribadi bagaimana kondisi kelistrikan di Lampung memasuki Ramadhan tahun ini?

Kalau kelistrikan di Lampung saat ini, apa yang disampaikan PLN itu sudah benar. Lampung memang saat ini tengah mengalami krisis energi disektor kelistrikan. Tapi bagaimanapun ini merupakan kebutuhan masyarakat yang harus dicarikan solusinya bersama-sama. Apapun itu pada perinsipnya kami dari asosisasi siap bekerjasama untuk membantu mencarikan solusi agar masalah ini cepat diselesaikan terutama pada bulan puasa.

Menurut informasi yang beredar ada dua masalah yang menjadi penyebab terjadinya krisis energy di Lampung, pemasangan jalur interkoneksi yang terganjal perijinan dan pembangunan PLTU Sebalang. Apa tanggapan Bapak soal permasalahan ini?

Kalau masalah interkoneksi, masalah perijinan, itu mungkin domainnya pemerintah provinsi dan KD (kantor distribusi) yang harus segera dikomunikasikan. Kalu berkaitan dengan PLTU Sebalang, kita sebagai masyarakat semua berharap pekerjaan itu segera diselesaikan, sehingga hasilnya bisa membantu dan bermafaan bagi masyarakat umum. Karena kalau bicara permasalahan belum maksimal atau seperti apa, itu masalah teknis. Dan silahkan dikonfirmasikan kepada general menejer-nya mengapa bisa seperti itu. (*)

(Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar