Ketua DPRD Bandar Lampung Hadiri Lomba BINTER Di Kodim 0410/KBL

Selasa, 14 Mei 2019

Bandarlampung (Lampung Centre) – Ketua DPRD Kota Bandarlampung, H. Wiyadi. SP. MM menghadiri acara Lomba Pembinaan Teritorial (BINTER) yang dilaksanakan oleh Kodim 0410 Kota Bandar Lampung dimarkas Kodim 0410 Kota Bandarlampung, Senin (13/5).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Walikota Bandarlampung, H. Herman HN, Kapolresta Bandarlampung, Kajari Bandarlampung serta Unsur Forkopimda lainnya.

Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0410/KBL mengikuti penilaian lomba Bina Teritorial (Binter) tingkat Nasional. Sebelumnya, Kodim 0410/KBL telah menorehkan prestasi gemilang yakni berhasil menyabet penghargaan sebagai terbaik tingkat Kodam II Sriwijaya (Sumatera).

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan kalau dirinya mengharapakan Kodim 0410 ini bisa meraih juara. Karena semua elemen juga bersatu padu dalam menjaga keutuhan NKRI, karena TNI kuat itu bersama rakyat.

“Harapannya bisa terus terjalin kekompakan ini demi kemaslahatan umat. Keberagaman ini demi memajukan kota Bandar Lampung sangatlah terlihat jelas dari kekompakan yang kami lakukan selama ini,” ujar Herman,Senin 13 Mei 2019 di Makodim 0410/KBL Langkapura Bandar Lampung.

Dijelaskan, Dandim 0410/KBL Letkol Arm Wahyu Jatmiko bahwa, Kodim 0410 dipercaya mewakili Kodam II Sriwijaya untuk mengikuti lomba Binter Provinsi Lampung yang diselengarakan Markas Besar TNI AD (Angkatan Darat), untuk bersaing dengan tujuh kodim secara nasional.

“Kami ternyata terpilih sebagai kodim terbaik di wilayah kodam dua. Sekarang kami mewakili untuk diadu ditingkat angkatan darat pusat,”ucap Wahyu.

Dengan tema ‘Melalui lomba Binter tingkat kodim, kita mantapkan solidaritas dan sinergitas internal TNI dengan aparat pemerintah daerah. Serta komponen bangsa lainnya guna meningkatkannya kemanunggalan TNI Rakyat dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan negara’, Wahyu juga berharap dapat mengharumkan nama Kota Bandarlampung.

“Kodim 0410 optimistis bisa menjuarai lomba binter tahun ini, semoga kita menang. Sehingga bisa membawa nama baik kota Bandarlampung,” jelasnya.

Dengan begitu, sambungnya, Kodim sedang berupaya berusaha dengan program yang kita laksanakan mendapatan komunikasi yang intens untuk dilakukan pembinaan secara intensif. “Intinya kita sajikan yang kita laksanakan selama kita di Bandar Lampung, untuk penilaian kita serahkan pada tim penilaian,” imbuhnya.

Semua prajurit, lanjutnya, bersungguh-sungguh dalam melakukan program yang telah disusun dan menjadi unggulan untuk dilombakan. Diantaranya, Program Mentari pagi, yakni mengajarkan sopan santun kepada anak SD dan SMP seperti mencium tangan orang yang lebih tua dan menyapa.

Yang kedua, Kodim juga menggelar Jumat Berbagi, dengan mengumpulkan 2,5% dari para prajurit setempat untuk disumbangkan. Ketiga, Perpustakaan keliling. Keempat, Open UMKM. “Open dalam hal ini peduli UMKM, kami meniru walikota dengan membuat Pengemukan sapi di Wadadi Baru, Sukarame. Juga ada budidaya tempe, dan seni kerajinan Tapis. Satu lagi yakni program Wantutri, yang artinta 1 hari Mengunjungi 2 rumah mencari 3 kawan,” paparnya.

Diutarakannya, untuk kriteria penilaian yang pertama lebih banyak kepada sinergitas program. Anatara program Kodim yang harus dikerjakan dan program tambahan yang lebih banyak bersinergi dengan kedinasan kota.

“Saling membantu itu merupakan salah satu bentuk sinergitas dengan kodim dan Pemda serta  instansi kepolisian, kejaksaan, bea cukai. Ditambah komponem masayarakat sangat membantu mendukung kegiatan itu,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar