Ketua DPRD Lampung Dukung Rasionalisasi PNS

Selasa, 07 Juni 2016
Ilustrasi PNS. Foto: Ist

Lampung Centre – Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal mendukung rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menargetkan pemangkasan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 1 juta orang mulai 2017-2019. “Artinya sekitar 330 ribu PNS bakal dirumahkan setiap tahunnya. Tapi harus dilihat dahulu syarat pemberhentiannya, apakah masuk  pensiun atau melakukan tindak pidana. Regulasinya harus dilihat,” kata Dedi, Selasa (7/6).

Menurut Dedi, rasionalisasi PNS diperlukan apabila memang tanggungjawabnya kurang secara maksimal atau tidak produktif. Untuk itu, pemerintah perlu merubah menejemen organisasi PNS. Pemerintah dapat mencontoh menejemen pegawai swasta yang lebih disiplin. “Ya, tentu saya kira kepala satker harus meniru menejemen perusahaan swasta, waktu masuk dan pulang dapat tetap termonitor,” imbuhnya.

Menurut Dedi, apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat melakukan moratorium dan pengurangan PNS untuk menghemat anggaran merupakan hal yang tepat. Banyak anggaran tersedot untuk biaya dan gaji PNS yang merupakan bagian dari beban anggaran negara. “Banyak PNS yang kerjanya duduk saja di kantor karena tidak punya kerjaan,” ujar dia. (*/red)

 

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar