Kolaborasi Apik Antar Tim Pembangunan Tol Sumatera

Rabu, 04 Maret 2015
Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung. foto: istimewa

Lampung Centre – Kinerja Tim I dan Tim II untuk menyukseskan pembangunan tol Sumatera Bakauheni – Terbanggi Besar tidaklah mudah. Kedua tim ini ditekan untuk mematangkan perencanaan dengan melakukan sosialisai dan pematokan sesuai waktu yang ditargetkan Kementrian Pekerjaan Umum rampung pada April mendatang.
Beruntung, Tim yang diracik dari aparatur terbaik pemprov ini mampu membuktikan kualitasnya bila mereka siap membangun Lampung khususnya pada sektor infrastruktur, yang menjadi sarana untuk meningkatkan serta mempercepat roda perekonomian daerah.
Buktinya, selain sukses melakukan pematokan ruas jalan tol Sumatera tanpa kendala, Tim I beserta konsultan PT Hutama Karya juga melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
Kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung, Budhi Darmawan, peninjauan ke pelabuhan tersebut dilakukan untuk menentukan posisi strategis pintu masuk tol Sumatera. “Kita ingin menentukan pintu masuk tol dari mana,” kata Budhi, Selasa (3/3).
Sementara Tim II persiapan pengadaan lahan jalan tol ruas Tegineneng-Terbanggibesar, Selasa (3/3), gencar melakukan sosialisasi di Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya di Desa Sidowaras, Kecamatan Bumiratu Nuban.
Sosialisasi tersebut dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Lampung, Tauhidi yang juga Ketua Tim II, didampingi Sekretaris Tim II yang juga Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov Lampung Yudi Hermanto.
“Tugas tim ini sangat berat, tapi jika masyarakat menyadari bahwa apa yang direncanakan pemerintah, yakni upaya menyejahterakan masyarakat Lampung, maka pelaksanaannya terasa ringan,” ujar Tauhidi.
Waktu persiapan pembebasan lahan ditargetkan maksimal 4 bulan (120 hari kalender). Sedangkan tugas tim terdiri dari sosialisasi, pendataan awal lokasi, konsultasi publik, dan konsultasi publik ulang (apabila diperlukan). “Juga penyiapan penetapan lokasi pembangunan, dan terakhir mengumumkan penetapan lokasi pembangunan,”
Dikatakannya, rencana lokasi pembangunan jalan tol Tim II meliputi Kabupaten Pesawaran dengan panjang 5.60 Km melintasi wilayah Kecamatan Tegineneng, yang terdiri dari Desa Kejadian, Kota Agung, dan Negararatu Wates.
Di Kabupaten Lampung Tengah, panjang jalan tol 30,11 Km, melintasi Kecamatan Bumiratu Nuban (Desa Sukajaya, Sukajadi, Wates, Bumi Raharjo, dan Sidowaras). Kecamatan Gunungsugih (Desa Gunungsugih Raya, Gunungsugih, Buyut Udik). Di Kecamatan Trimurjo (Desa Pujoasri dan Pujobasuki), Kecamatan Terbanggibesar (Desa Indrapura Subing, Bandarjaya, Karang Endah, Terbanggibesar).
(Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar