Kopi Lampung Tembus Pasar Alzajair

Selasa, 11 Juli 2017
Ilustrasi kopi Robusta Lampung. Foto: Ist

Lampung  Centre – Hasil perkebunan Lampung jenis kopi robusta tembus pasar negara Alzajair. Duta Besar Indonesia untuk Aljazair, Safira Machusah mengatakan, negara di Benua Afrika itu merupakan salah satu konsumen kopi robusta asal Lampung. “Namun distribusi kopi Lampung ke Aljazair selalu digarap oleh pihak ketiga dan mengakibatkan harganya cukup mahal,” kata dia usai Kadin dan Pemprov Lampung melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Provinsi Bouira, Aljazair, di ruang rapat Gubernur, Senin (10/7/2017).

Menurut Safira, dengan kerjasama ini pihak Aljazair berharap impor kopi Lampung tidak lagi melalui pihak ketiga sehingga harganya lebih murah. “Mereka selama ini mengimpor kopi robusta Lampung. Tetapi, impor tidak dilakukan langsung dari Lampung, melainkan melalui pihak ketiga. Ketika melihat ada potensi dengan berhubungan langsung akan lebih menurunkan harga, mereka pun datang ke sini,” ujar Safira.

Tak hanya kopi, Safira menyebut akan banyak kerjasama yang akan digarap antara Pemprov Lampung dengan Pemprov Bouira. Sebab, dua provinsi ini mempunyai sejumlah kesamaan yang bisa ditingkatkan, mulai dari sektor pariwisata, kehutanan, budidaya jamur, nanas, dan pisang. “Tadi juga sudah dipaparkan, Lampung daerah yang memproduksi nanas dan pisang, dan itu mendapat sambutan luar biasa. Jadi akan banyak potensi yang dapat kita garap bersama,” imbuhnya.

Sementara Ketua Kadin Lampung, Ary Meizari Alfian, mengatakan akan terlebih dahulu bertukar informasi mengenai perdagangan dan investasi di kedua daerah. Kadis juga akan memaparkan peluang usaha untuk semua bidang, mulai dari bidang industri, properti, pertanian, wisata dan berbagai potensi lainnya. “Ini yang sedang kita jajaki. Mereka berada di sini selama empat hari dan akan kita bawa keliling Lampung untuk melihat potensi yang ada,” ujarnya. (nt/red).

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar