KWRI Bandar Lampung Dukung Sikap Pemprov Dalam Menjalin Kemitraan Media

Kamis, 24 Januari 2019
Ketua DPC KWRI Bandar Lampung, Erlan Heryanto. (Foto: dok)

Bandarlampung (Lampung Centre) – Dewan Pimpinan Cabang Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPC KWRI) Kota Bandar Lampung mendukung sikap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung seperti yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor: 480/0114/08/2019 tentang Pendaftaran dan Persyaratan Melaksanakan Pekerjaan Advertorial Media Massa.

KWRI Bandar Lampung mendukung dan mengapresiasi jika surat tersebut bertujuan untuk menertibkan, bukan membatasi kegiatan peliputan awak media di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemprov Lampung tentu memiliki SOP sendiri. Selagi tidak berbenturan dengan aturan, tentu awak media harus mendukung. Jika tujuannya baik yakni untuk menertibkan dan memudahkan kerja jurnalis kami mendukung dan mengapresiasi. Namun jika tujuannya untuk menghalangi kerja jurnalis kami tidak sependapat karena hal tersebut bertentangan dengan amanah Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” kata Ketua DPC KWRI Bandar Lampung, Erlan Heryanto, Kamis (24/1).

Kendati demikian, KWRI meminta Pemprov Lampung bijaksana dalam mengambil sikap. Pemprov seyogyanya memberikan kesempatan kepada media untuk memlengkapi berkas secara berkala, utamanya terkait persyaratan verifiksi Dewan Pers dan Sertifikasi UKW. Mengingat kedua persyaratan tersebut tidak diatur secara rinci dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“DPC akam berkoordinasi dengan DPD KWRI Lampung agar berupaya menggadakan uji kopetensi dengan harapan seluruh wartawan yang bernaung di KWRI berkopeten di dunia kewartawanan,” tutur Erlan yang juga Pimpinan Portal Berita Online, Biinar.com. (*)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar