Lagi, Dosen Darmajaya Menang Hibah Penelitian

Selasa, 01 Maret 2016
Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya, Dr. Anuar sanusi, SE. M.Si. Foto Humas Darmajaya

Lampung Centre – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali menorehkan prestasi membanggakan. Setelah memenangkan 18 hibah penelitian pada pengumuman tahap pertama, kini ditahap kedua sebanyak 7 judul penelitian dosen IBI Darmajaya kembali memenangkan hibah penelitian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun 2016.

Prestasi tersebut menjadikan IBI Darmajaya tahun ini menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta peraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristek Dikti terbanyak di Lampung dengan total pendanaan hampir Rp 2 Milyar.

Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya, Dr. Anuar sanusi, SE. M.Si, memaparkan jenis hibah yang berhasil diraih tahap kedua yakni 6 penelitian hibah bersaing, dan 1 penelitian unggulan perguruan tinggi.

Sementara jenis hibah yang dimenangkan tahap pertama yakni 12 penelitian dosen pemula (PDP), 4 penelitian hibah bersaing, 1 penelitian fundamental, dan 1 penelitian kerjasama antar perguruan tinggi. “Hibah penelitian yang dimenangkan IBI Darmajaya meningkat dari sisi kuantitas, dan kualitasnya. Tahun 2015, IBI Darmajaya telah memenangkan 12 hibah penelitian, dan kini meningkat menjadi 25 hibah penelitian. Sehingga serapan dana penelitian juga bertambah dari tahun lalu yang hanya sekitar Rp 500 juta menjadi hampir Rp 1 Milyar ditahun ini,” ujar Anuar, Selasa (1/03).

Lanjutnya, jenis hibah yang dimenangkan juga kini lebih bervariatif dibanding tahun lalu. Selain penelitian dosen pemula (PDP), penelitian hibah bersaing, dan penelitian fundamental, tahun ini bertambah 2 jenis penelitian yakni penelitian kerjasama antar perguruan tinggi dan penelitian unggulan perguruan tinggi yang juga berhasil dimenangkan IBI Darmajaya. “Selain memenangkan 25 hibah penelitian, tahun ini dosen IBI Darmajaya juga berhasil meraih 10 hibah pengabdian masyarakat Kemenristek Dikti. Prestasi tingkat nasional ini menunjukankan iklim meneliti dan melakukan pengabdian masyarakat dikalangan dosen IBI Darmajaya telah terbangun dengan baik, aktif, serta berkualitas,” ungkapnya.

Anuar menambahkan, LP4M IBI Darmajaya juga menjadi salah satu dari 49 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berstatus madya. Peningkatan status ini membuat IBI Darmajaya berhak mengelola dana penelitian secara mandiri dari Kemenristek Dikti berkisar antara Rp 2-5 Milyar per tahun. “Penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi salah satu indikator yang menunjukan kualitas dosen dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi. IBI Darmajaya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi aktif para dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Semoga prestasi ini menjadi motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi ditahun yang akan datang,” harapnya.(*/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar