Lagi, Empat Mahasiswa dan Dua Dosen Tiongkok Belajar Di Darmayaja

Senin, 29 Mei 2017
Para pelajar dan dosen yang mengikuti mengikuti Exchange Programe di Darmajaya. (foto: Humas Darmajaya)

Lampung Centre  – Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya kembali menerima pertukaran mahasiswa dan dosen asing. Kali ini, empat mahasiswa dan dua dosen dari Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok akan mengikuti Exchange Programe mulai 23 Mei – 5 Juni 2017.

Empat mahasiswa tersebut yakni Chen Mingming, Liu Jinniu, Zhong Da, dan Song Guihua. Mereka saat ini semester IV di jurusan School of Electronic Engineering (SEE) NTVU. Sementara dua dosennya yakni Pan Xiaomei dari School of International and Education Cooperation (SIEC) dan Tian Yuan dari School of Electronic Engineering (SEE) NTVU.

Pan Xiaomei mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan sivitas akademika Darmajaya dalam menerima kehadiran para mahasiswa, dan dosen NTVU di kampus tersebut. Diungkapnya, selama sekitar dua minggu di Darmajaya, mahasiswa mahasiswa NTVU akan mengikuti pelatihan programming dan database di Laboratorium Career and Training Centre Darmajaya.

“Selain itu, saya akan mengajar tentang Bahasa Mandarin kepada mahasiswa Darmajaya, dan Tian Yuan akan mengajar tentang Story Board Animation kepada asisten laboratorium Darmajaya,” ujar Pan Xiaomei.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUHI), Rahmalia Syahputri mengatakan, pelatihan programming dan database akan diberikan oleh instruktur Training Center Darmajaya, Apri Triansah dan asisten lab M. Galih Ramaputra.

“Diakhir pelatihan mahasiswa NTVU akan mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat programming dan database dari Training Center Darmajaya yang berlaku secara internasional,” paparnya.

Rahmalia melanjutkan, tak hanya saling memberikan pengetahuan dibidang akademik, melalui Exchange Programe, mahasiswa dan dosen NTVU akan belajar Bahasa Indonesia serta melakukan cultural exchange performance dalam rangka perayaan 1 tahun Pusat bahasa dan Kebudayaan Darmajaya-NTVU Chinese Centre.

Selain itu, mereka juga melakukan kunjungan ke Taman Nasional Way Kambas dan Pulau Pahawang untuk melihat indahnya pesona pariwisata di Provinsi Lampung. “Kunjungan industri ke Great Giant Pineaple juga dilakukan untuk melihat secara langsung lokasi dan proses industri dibidang pengolahan nanas lokal yang diekspor ke luar negeri dan berstandar internasional,” terangnya.

Rahmalia berharap, Exchange Programe dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Mahasiswa dan dosen NTVU serta mahasiswa Darmajaya bisa saling berbagi ilmu pengetahuan, dan wawasan  kebudayaan untuk bersama meningkatkan kompetensi, kualitas dan daya saing. (rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar