Lampu Jalan By Pass Dinyalakan Bertahap

Jumat, 14 Agustus 2015
Lampu Jalan By Pass. Sumber foto: TribunLampung

Bandarlampung (Lampungcentre): Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Budi Darmawan mengatakan beberapa titik lampu jalan By Pass Soekarno-Hatta sudah menyala. Sementara untuk beberapa titik lainnya, rencana akan dihidupkan secara bertahap sesuai kemampuan energi yang tersedia.

“Tentunya kita juga melihat kondisi kemampuan energi kita, apakah itu mampu menghidupkan semuanya sekaligus. Namun secara bertahap sudah mulai ada perkembangan, ada beberapa titik lampu yang sudah menyala,” kata Budi, kemarin.

Dirinya menjelaskan, untuk penerangan jalan By Pass Soekarno-Hatta pemerintah provinsi dan kota Bandarlampung juga telah melaksanakan memorandum of understanding (MoU) terkait serah terima pembayararan bulanan kepada PLN.

“Kalau saya tanyakan pada pimpro atau satkernya itu sudah dilaksanakan juga MoU-nya dengan Pemkot antara satker dan Pemkot serah terima itu. kemudian mereka sudah urus juga pembayarannya,” jelasnya.

Proyek lampu jalan By Pass sebenarnya adalah proyek yang diadakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui dana hibah dari Bank Dunia.

“Ini kan dana hibah dari luar negeri. Kemudian pelaksanaan pelelangannya juga di Kementerian PU, sampai dengan pengadaan fisiknya sudah selesai semua. Khusus untuk lampu jalannya pelaksanaannya sudah selesai dan dicek semua lampunya hidup. Semua masing-masing unit yang terpasang sudah dicek lampunya hidup bersama-sama dengan PLN, ini menurut keterangan satker saya,” ujar Budi.

Budi menambahkan seluruh tahapan sudah dilaksanakan begitu juga dengan penyerahan aset lampu jalan beserta pembayarannya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung.

“Karena itu bukan di provinsi anggarannya, melainkan di jalan nasional. Kemudian setelah dicek dari pihak Kementerian harus membayar biaya sambungan dan lain-lain kepada PLN,” katanya.

Selain itu, sambung dia, harus diserahkan ke kota agar siap untuk membayar biaya bulanannya melalui PJU, dan Pemkot sudah siap menerima.

“Sementara report-nya seperti itu ya, dari kementerian sudah selesai, dari PLN pun sudah memberikan pernyataan juga bahwa sudah selesai biaya sambungannya, tinggal nanti dihidupkan secara bertahap,” tutup Budi Darmawan. (*)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar