Lampung Pasang Target 2020 Bebas Sampah

Kamis, 10 Maret 2016
Kepala BPLHD Provinsi Lampung Fitter Syahbudin bersama perwakilan Pramuka saat bersih-bersih pantai. foto: humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Teluk Lampung dan Deklarasi Lampung Bebas Sampah 2020. Kegiatan sekaligus menyambut HUT  ke 52 Provinsi Lampung Tahun 2016 ini digelar di  Kampung Gudang Agen Kelurahan Pesawahan Kecamatan Telukbetung Bandarlampung, Kamis (10/3/2016).

Staf ahli Gubernur Lampung Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto, aksi bersih bersih pantai ini dilaksanakan secara serentak di tiga kabupaten/kota. Yaitu Kabupaten Pesawaran, Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan. Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan bersih bersih Pantai  Teluk Lampung. “Diharapkan pengelolaan sampah mulai dilakukan penanganan secara serius, tidak hanya pada bagian hilir tapi justru dari hulunya dimulai hari ini,” ujarnya.

Selanjutnya Gubernur juga berpesan kepada Bupati/Walikota se Provinsi Lampung agar setelah acara ini segera membuat roadmap pengelolaan sampah, termasuk pengelolaan sampah regional. Hal tersebut sebagaimana amanat Undang-Undang  No. 81 tahun 2012.  Sehingga target Provinsi Lampung Bebas Sampah pada tahun 2020 dapat tercapai.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Umum TP PKK Provinsi Lampung Ibu Hasiah Bachtiar Basri, para pejabat Kota Bandarlampung, Forkompimda Provinsi Lampung, Bupati Pesawaran beserta Angggota Forkopimda masing masing, Para Kepala SKPD terkait, Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD, di lingkungan Provinsi Lampung serta Camat dan Uspika Teluk Betung Selatan beserta Lurah Pesawahan dan jajarannya.

Kepala BPLHD Provinsi Lampung Fitter Syahbudin dalam laporannya menyampaikan, aksi bersih bersih pantai Teluk Lampung dapat terselenggara atas dukungan dan partisipasi beberapa pelaku usaha melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR), dukungan dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat, Sekolah Alam Lampung, Pramuka SAKAKAPATARU, Tim Penggerak PKK dan satker terkait.

Ditambahkan Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansyah, dalam acara tersebut Ibu Hasiah Bachtiar Basri secara simbolis menyerahkan satu unit gerobak sampah kepada perwakilan Kelurahan Waydadi Kecamatan Sukarame Bandarlampung. Adapun Aksi bersih bersih pantai yang dilakukan di tiga Kabupaten/Kota dilaksanakan di Wilayah masing-masing. Kota Bandar Lampung dipusatkan di Kampung Gudang Agen Kecamatan Teluk Betung Selatan. Untuk Kabupaten Pesawaran dan Lampung Selatan masing masing dilaksanakan di Pesisir Pantai sepanjang Wilayah Kabupaten Lampung selatan dan dipusatkan di Desa Rangai Kecamatan Katibung, sementara Pesawaran membersihkan Pesisir Pantai sepanjang Wilayah Kabupaten Pesawaran dengan Pusat Kegiatan Desa Ketapang Kecamatan Padang Cermin.

Aksi ini melibatkan +_ 400 personil yang terdiri dari beberapa elemen dan LSM serta dukungan setidaknya 2 unit Truck Sampah dan 4 unit motor sampah. (Rls/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar