LPJK: Sekolah Di SMK BLK, Selain Ijazah Pelajar Juga Dapat Sertifikasi Profesi

Kamis, 26 April 2018
Ketua Lembaga Penjamin Jasa Kontruksi (LPJK) Provinsi Lampung Ir. Tubagus Marifat saat menyampaikan sambutan pada launching Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK BLK Bandar Lampung, Kamis (26/4).

Bandarlampung (Lampung Centre) – Kabar baik bagi pendidikan di Provinsi Lampung, terutama untuk siswa-siswi menengah pertama yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke menengah atas.

Sebab, saat ini di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Latih Karya (SMK BLK) Bandar Lampung milik Ir. H. Triono Ariffin MM, selain mendapatkan ijazah para pelajar yang lulus juga berpeluang besar memperoleh sertifikasi profesi.

Ketua Lembaga Penjamin Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Lampung Ir. Tubagus Marifat mengatakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK BLK Bandar Lampung merupakan sebuah terobosan besar sektor pendidikan Provinsi Lampung.

Sertifikasi profesi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Apalagi saat ini, tengah gencar dan menjadi isu nasional bila tengah terjadi persaingan antara tenaga kerja lokal dengan asing.

“Sertifikasi profesi merupakan bukti bila tenaga kerja yang bersangkutan sudah lulus kompetensi, dengan adanya LSP SMK BLK diharapkan tenaga kerja terutama di Lampung mampu bersaing menghadapi persaingan kerja global,” kata Tubagus Marifat ketika memberikan sambutan pada acara launching Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK BLK Bandar Lampung, Kamis (26/4).

Dirinya menjelaskan, sesuai amanah Gubernur Lampung tenaga kerja di Provinsi Lampung agar bisa lebih berkompeten, salah satunya menyiapkan tenaga kerja berdatangan saing dengan syarat seusai amanah Undang-Undang nomor 2 tahun 2017, harus memiliki sertifikasi profesi.

LPJK mencatat, saat ini berdasarkan data nasional tenaga kerja yang memiliki sertifikasi profesi hanya 10-15 persen. Dengan adanya LSP SMK BLK Bandar Lampung diharapkan tenaga kerja bersertifikat semakin meningkat.

“Saya juga telah meminta pemerintah daerah agar tenaga kerja terampil mendapat pembinaan dari dunia pendidikan ke dunia usaha,” tambahnya.

Diketahui, LSP SMK BLK Bandar Lampung merupakan lembaga sertifikasi yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) nomor BNSP-LSP-844-ID tertanggal 9 Agustus 2017.

Saat ini LSP SMK BLK Bandar Lampung memiliki tiga jurusan yakni Teknik Otomotif, Listrik, Komputer dan Jaringan. (Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar