M.Ridho Ficardo Ucapkan Selamat Hari Tunas Gerakan Pramuka

Sabtu, 10 Maret 2018

Lampung Centre – Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah Pramuka Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengucapkan selamat Hari Tunas bagi anggota Gerakan Pramuka di seluruh Tanah Air, yang jatuh 9 Maret 2018 ini.

“Saya percaya, dari Gerakan Pramuka, tunas-tunas bangsa lahir menjadi calon-calon pemimpin yang berpegang teguh pada Dasa Dharma dan janji Tri Satya,” kata Ridho Ficardo dalam penjelasan tertulisnya pada Jum’at, 9 Maret 2018, seperti diberitakan Tempo.co. Ridho berharap tunas-tunas muda terbaik terus tumbuh dan berkembang untuk bangsa dan negara dari rahim Gerakan Pramuka.
Seperti diketahui, Muhammad Ridho Ficardo merupakan “legenda” tersendiri bagi generasi muda Pramuka Lampung. Sebagian generasi muda menganggap Ridho dianggap salah satu kader Pramuka yang jadi Gubernur. Jam terbangnya cukup tinggi.

Sebuah tulisan yang menyangkut kepemimpinannya menyebutkan Ridho pernah memimpin sejumlah besar anggota Pramuka. Misalnya, seperti diberitakan Viva.co.id, Ridho pernah menjadi Kepala Pemerintahan Putera Perkemahan Wirakarya Nasional di Sulawesi Tenggara (tahun 2000). Lalu menjadi Ketua Dewan Adat Agung. Kemudian dia pernah juga menjadi anggota Tim Keamanan dan Keselamatan Raimuna Nasional di Prambanan, Yogyakarta pada 2003. Saat itu, ada lebih dari 10.000 anggota Pramuka yang hadir.

Di Pramuka inilah Ridho menempa diri dalam kedisplinan dan kepemimpinan. Dengan jam terbang itu juga Ridho memiliki visi pengetahuan yang luas tentang kepramukaan.

Karena berpengalaman dalam kepramukaan itu, Ridho kerap berbagi pengalaman. Tak terkecuali ketika melepas 360 peserta Raimuna Nasional Gerakan Pramuka XI 2017 yang akan mengikuti Raimuna Nasional XI sekaligus peringatan Hari Pramuka ke-56, berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, 12-14 Agustus 2017. Saat itu, Ridho berpesan agar peserta Raimuna bisa melakukan hal terbaik.

“Raimuna Nasional merupakan kegiatan sekali seumur hidup. Manfaatkan momen ini sebaik mungkin, karena tidak semua penegak pandega mampu mengikutinya. Kalian adalah yang terbaik dari yang baik lainnya serta berkesempatan mewakili Lampung, untuk mengikuti kegiatan tersebut. Saya saja tidak ada kesempatan menjadi peserta Raimuna Nasional. Namun saya menjadi Sangga kerja sebagai ketua Adat Agung,” kata Ridho.

Apa itu Ketua Dewan Adat Agung? Dari catatan situs Pramuka.or.id, diketahui bahwa selain kepanitiaan Raimuna Nasional juga ada struktur Dewan Adat. Dewan Adat adalah Ketua Dewan Kerja Seluruh Indonesia yang merupakan mahkamah agung atau Pemangku Adat Agung Raimuna Nasional. Bisa dibayangkan bahwa posisi ini memang “tinggi”. Sangat wajar jika Ridho berbagi pengalaman.

Kegigihan Ridho dalam bidang kepramukaan juga membawanya mendapatkan penghargaan. Salah satunya, penghargaan Mabida Pramuka Peduli dari Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) Joko Widodo pada pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur. “Beliau memang terkenal aktif dalam Gerakan Pramuka sejak semasa sekolah,” tutur seorang jajaran dekatnya. Penghargaan Mabida Pramuka Peduli dari Presiden RI selaku Kamabinas yang diraih tahun 2016 ini merupakan bukti kesetiaan, kecintaan, dan pengabdiannya untuk Pramuka khususnya Pramuka Lampung. (Tim/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar