Pemprov Lampung Gelar Penutupan MTQ Ke-47 Tahun 2019

Jumat, 03 Mei 2019

Tulangbawang Barat (Lampung Centre) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 47 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat, resmi ditutup, di Islamic Center Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kamis (2/5) malam.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung menutup helatan tersebut dengan ditandai penyerahan Piala Bergilir Gubernur Lampung kepada Bupati Tanggamus Dewi Handajani, yang berhasil meraih Juara Umum MTQ. Disusul Juara ke- 2 Kabupaten Lampung Utara dan ke- 3 diraih Kabupaten Way Kanan.

 

Irwan Sihar Marpaung atas nama Gubernur mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Kepada qori-qori’ah, hafizh-hafizhoh, yang meraih peringkat juara dalam Musabaqah ini saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan di masa mendatang,” ujar Irwan.

Irwan juga mengatakan bagi anggota kafilah yang belum berhasil menunjukkan prestasinya agar terus berlatih dan memacu diri di kesempatan-kesempatan yang akan datang.

 

“Saya mengingatkan, baik kepada yang meraih prestasi maupun yang belum bahwa semangat bermusabaqah jangan menggeser niat ikhlas meningkatkan syi’ar al-qur’an dan membudayakannya dalam kehidupan umat Islam,” katanya.

Irwan mengatakan selama tujuh hari berada dalam even MTQ, para kafilah, peserta, dewan hakim dan juga panitia penyelenggara telah bertugas dengan baik mensukseskan acara besar tersebut. “Maka malam ini berakhir sudah dan kita dapat menjaring para juara. Tetapi lantunan kalam ilahi dan semangat untuk membaca serta menghayati, mendalami isi dan mengamalkan ajaran al-qur’an itu dalam kehidupan sehari-hari jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim,” ujarnya.

Pelaksanaan Musabaqah, disebutkan Irwan merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-qur’an.

“Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan religius dan sarat dengan syiar islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh ditengah masyarakat,” katanya.

Irwan menilai perlu diperhatikan, keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan kegiatan MTQ memberikan pengaruh positif dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh panitia dan jajaran dewan hakim yang telah bekerja maksimal dan memberikan penilaian yang obyektif selama berlangsungnya lomba dari berbagai cabang yang dilombakan pada MTQ tahun ini,” ujarnya.

Irwan berharap penilaian dari obyektifitas itu akan melahirkan qori dan qori’ah, hafiz dan hafizah terbaik di Provinsi Lampung yang akan mengukir prestasi gemilang di event nasional maupun internasional. “Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 ini menjadi amal ibadah yang diridhoi Allah SWT,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dewan Hakim, LPTQ, para khafilah seluruh Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung, Pemerintah Provinsi Lampung yang telah menunjukkan kerjasama dalam mensukseskan MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Lampung.

“Sebagai tuan rumah, usaha yang kita lakukan adanya keterbatasan untuk itu kami ucapkan memohon maaf. Dengan pelaksanaan MTQ ini kita berharap dapat membumikan Al-Quran,” ujarnya.

Pada acara itu, diumumkan pemenang bagi para Khafilah yang menjuarai cabang-cabang yang dilombakan. Yakni Cabang Tilawatil Quran, Cabang Qiraatil Quran, Cabang Hifdzil Quran, Cabang Tafsiril Quran, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syarhil Quran, Cabang Khottil Quran dan Cabang Makalah Ilmiah Al-Quran.

Para pemenang selain mendapatkan Piala, juga mendapatkan uang pembinaan yakni untuk Terbaik I mendapatkan uang sebesar Rp. 2,4 Juta , Terbaik II mendapatkan uang sebesar Rp. 2 Juta dan Terbaik III mendapatkan uang sebesar Rp. 1,5 Juta.

Para peserta MTQ yang berhasil meraih sebagai pemenang dalam MTQ ini, untuk golongan yang dimusabaqahkan pada STQ Nasional akan diadakan seleksi calon Kafilah Provinsi Lampung dan Training Centre untuk mempersiapkan keikutsertaan Provinsi Lampung pada STQ Nasional di Kalimantan Barat pada akhir Juni 2019 mendatang. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar