PaninBank Targetkan Penjualan SBR-002 Capai Rp 50 Miliar

Kamis, 12 Mei 2016
Gambar: Istimewa

Lampung Centre – PaninBank Cabang Lampung menargetkan penjualan surat berharga Savings Brond Ritel (SBR-002) capai Rp 50 miliar.

Kepala Cabang PaninBank Lampung, Mj Christo mengatakan, PaninBank akan memasarkan SBR-002 melalui 556 kantor cabang di seluruh Indonesia, termasuk Lampung.  SBR-002 juga akan disosialisasi kepada nasabah dan masyarakat melalui roadshow, iklan di media cetak, serta menyediakan brosur berisi informasi terkait SBR-002 kepada masyarakat.

Menurut Christo, memprioritaskan penjuakan SBR-002 kepada seluruh nasabahnya dari semua kalangan. Sebab kata dia, pembeliannya dapat dimulai dari jumlah  minimal Rp 5 juta berikut kelipatannya. “Untuk angka tertinggi, nasabah dapat membeli SBR-002 sebesar Rp 5 miliar,” jelas Christo, Rabu (11/5).

Dibandingkan dengan jenis investasi lain, kata Christo, Savings Brond Ritel lebih menguntungkan. Selain aman dan kupon relatif lebih tinggi, pokok simpanan tidak terpengaruh risiko pasar dikarenakan tingkat bunga mengikuti tingkat bunga pasar. Suku bunga SBR-002 juga tidak lebih rendah pada saat diterbitkan dengan tenor pendek. “Ini menjadi alasan menariknya salah satu obligasi pemerintah tersebut. Sayangnya masyarakat masih belum banyak yang mengerti keuntungan investasi ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kasubdit Peraturan, Dokumen Hukum dan Evaluasi Transkasi, Direktorat Surat Utang Negara, Maria MC Siregar mengatakan, pemerintah Indonesia kembali menerbitkan surat berharga berupa Savings Brond Ritel-002. Hal ini guna meningkatkan peran surat berharga negara berasal dari sektor ritel atau investor individu, sebagai sumber pembiyayaan pembangunan nasional.

Menurut Maria, berbeda dengan seri sebelumnya, SBR-002 dapat dicairkan lebih awal (early redemption), pada waktu yang telah ditentukan. Fitur ini memberikan keleluasaan kepada investor untuk mengelola keuangan. “SBR-002 berjangka waktu 2 tahun dan jatuh tempo pada 20 Mei 2018. Penawaran dilaksanakan sejak 28 April 2016 dan berakhir 19 Mei 2016,” kata Maria. (Iwan Kodrat)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar