Peduli Pekerja. DPRD Lampung Desak Perusahaan Bayar THR H-10

Selasa, 06 Juni 2017
Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal. Foto: Ist

Lampung CentreJelang libur Idul Fitri, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal mengimbau kepada setiap perusahaan agar segera menyediakan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada setiap karyawan selambat-lambatnya H-10. Selain itu, dia juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar mengawasi pencairan THR.

Hal itu dimaksudkan dia agar setiap karyawan mempunyai kesempatan untuk melengkapi kebutuhan selama lebaran. Selain untuk mudik, pemenuhan kebutuhan juga perlu. “Jika ada perusahaan yang melanggar, langsung sanksi tegas. Kami (dewan) berharap, 1 minggu sebelum lebaran urusan pembayaran THR sudah selesai,” tegas Dedi, Senin (05/6).

Di tempat berbeda, Kepala Disnakertrans Provinsi Lampung Sumiarti Somad membenarkan setiap perusahaan diwajibkan membayar THR karyawan selambat-lambatnya 10 hari sebelum lebaran. “Kami sudah membuat surat edaran tentang mekanisme pembayaran. Dalam surat tersebut minimal 10 hari sebelum lebaran, THR sudah diberikan,” jelas dia.

Menurut Sumiari, jumlah THR yang diberikan sama seperti tahun lalu, yakni sebesar gaji pokok karyawan selama satu bulan dan tentu saja bagi karyawan sudah bekerja minimal satu tahun.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung sudah mendapat intruksi dari Kementerian Tenaga Kerja RI agar mengawasi mekanisme pemberian THR maupun waktu pemberiannya. (Kt)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar