Pelantikan Kepala Daerah Tahap Dua Tunggu Putusan MK

Rabu, 09 Maret 2016
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melantik Bupati- Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota terpilih hasil pilkada serentak Desember 2015 lalu. Foto: Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk pelantikan kepala daerah tahap dua terkait sengketa pilkada serentak Desember 2015 lalu

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015 tahap pertama sudah selesai. “Saat ini yang sedang bersengketa di MK kita menunggu selesainya MK,” kata Tjahjo Kumolo seperti dilansir situs resmi kemendagri.go.id, Selasa (8/3).

Meski demikian, lanjut Tjahjo, jika masa jabat kepala daerah sudah habis pada tanggal 10 atau 9 Maret ini, maka akan dilantik. Begtu juga pejabat yang masa jabatnya habis bulan April, Mei, dan Juni. “Tapi kalau habis masa jabatanya 10 atau 9 Maret, yah kalau bisa dilantik, yang April Mei Juni juga sama. Karena di UU kan tidak boleh memotong satu hari pun,” jelas mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Tapi, tambahnya, ada juga yang memiliki pendapat berbeda, seperti pilkada serentak pelantikannya juga harus serentak. “Mungkin yang Juni bisa dimajukan Maret, ini sedang kita telaah,” kata Tjahjo. Namun untuk hari, tanggal dan bulannya politisi PDIP itu masih belum mengetahuinya.

Seperti diketahui Kemendagri telah membagi pelantikan itu menjadi tiga tahap. Untuk tahap pertama pada bulan Februari 2016, tahap ke dua direncanakan bulan Maret, dan tahap ketiga direncanakan bulan Juni.(*/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar