Pemkot Raih WTP Untuk ke-6 Kalinya

Rabu, 01 Juni 2016
Walikota Bandarlampung tinjau pelebaran jalan Gajahmada. Foto: Humas Pemkot Bandarlampung

Lampung Centre – Pemerintah Kota Bandarlampung kembali diganjar Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Lampung.  Opini WTP untuk ke-6 kalinya dari BPK, karena dinilai pengelolaan keuangan pemkot tahun anggaran 2015 baik.

Kepala BPK RI Provinsi Lampung Sunarto mengatakan, meski pembuatan LKPD berubah dari basis kas ke akrual, Pemkot bisa mempertahankan opini WTP.  Dalam sistem berbasis akrual ada tujuh kelompok laporan yang mesti disampaikan, yakni Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL), Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca (Ner), Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Menurut dia, opini BPK terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) itu hanya empat, yakni WTP, Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar, dan Tidak Memberi Pendapat.  “WTP merupakan penghargaan terbaik, dan beberapa tahun belakangan berhasil diraih Pemkot Bandarlampung,” ujarnya, Selasa (31/5).

Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan terima kasih kepada BPK RI Provinsi Lampung atas opini WTP.  Hal ini dicapai atas kerjasama seluruh satuan kerja di lingkungan pemkot. Herman HN siap meningkatkan pengelolaan keuangan, termasuk dalam pengelolaan aset daerah.  “Meskipun ada catatan dari auditor BPK,  itu menjadi motivasi agar lebih baik lagi,” kata Herman HN. (Ist/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar