Pemprov Berharap BPD Jadi Bank Kompetitif

Jumat, 10 Agustus 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) –  Pemprov Lampung mendukung seluruh Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia menjadi bank yang kuat dan berdaya saing sebagaimana transformasi BPD yang diluncurkan Presiden Joko Widodo 26 Mei 2015 lalu.

Hal tersebut diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis saat membuka Seminar Nasional BPD seluruh Indonesia, Jum’at (10/8) di Novotel Bandarlampung. “Untuk itu BPD diharapkan meningkatkan kapasitasnya agar mampu bersaing dan menjadi juara di daerahnya sendiri,” ungkap Hamartoni.

Menurut Hamartoni, BPD juga harus melakukan berbagai upaya pembenahan secara struktural sebagaimana komitmen mewujudkan program transformasi BPD. “Harapannya dapat menjadi Bank yang kompetitif, kuat dan berkontribusi bagi percepatan pembangunan di daerah,” ujar Hamartoni.

Ketua Umum Asbanda (Asosiasi Bank Pembangunan Daerah) Kresno Sediarsi mengatakan seminar ini merupakan tindak lanjut BPD dalam melakukan transformasi BPD yang diluncurkan 26 Mei 2015 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

“Targetnya adalah agar BPD dapat menjadi bank regional yang kuat dan berdaya saing tinggi serta berkontribusi secara signifikan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah,” ujar Kresno.

Selain itu, Kresno juga mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada akhir Juli 2018 lalu. Ia mengatakan  keberadaan GPN akan mempermudah transaksi pembayaran dan memberi keringanan biaya transaksi antar bank yang selama ini dibebankan pada nasabah.

“Melalui GPN maka transaksi keuangan untuk debit maupun kredit akan lebih murah selain itu kita juga akan menghemat pengeluaran devisa negara hingga 1,9 miliar US dollar /tahun,” ujarnya.

Seminar nasional dengan tajuk  Strategic Positioning Bank Pembangunan Daerah sebagai Bank of Regional Champion yang dihadiri oleh 26 BPD dari seluruh Indonesia tersebut juga menghadirkan Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo dan  Perwakilan Ketua Dewan Komisioner OJK Sukamto sebagai keytnote speaker. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar