Pemprov Fokus Garap Pelabuhan Sungai Wilayah Timur

Jumat, 24 November 2017
Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, dalam audiensi rencana pembangunan pelabuhan di ruang kerja Wakil Gubernur lampung. Kemarin. (foto Humas Pemprov)

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung fokus pada rencana pembangunan pelabuhan sungai di wilayah timur sebagai salah satu alternatif transportasi.

 

“Banyak investor masuk karena Provinsi Lampung memiliki wilayah strategis. Namun, diperlukan suatu prioritas dan fokus pembangunan. Salah satunya pembangunan pelabuhan di Menggala,” kata Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, kemerin.

 

Selama ini Pemerintah Provinsi Lampung, kata Wagub Bachtiar, mencoba membangun tol laut, namun masih sebatas kajian. “Dengan banyaknya investor yang datang, tentunya kita harus memprioritaskan infrastruktur. Kita harus menyesuaikan keinginan dan kemampuan investor, sehingga mampu membangun pelabuhan yang terkoneksi dengan tol sungai,” kata Wagub Bachtiar.

 

Investor, ujar Wagub Bachtiar, harus mempresentasikan dan melakukan kajian sebelum membangun pelabuhan tersebut. Bachtiar menjelaskan ingin menjadikan Lampung, sebagai Provinsi terdepan. Untuk itu, dibutuhkan sinergi kuat antar pihak terkait. “Jika cocok, akan dilakukan tindak lanjut. Semoga dari sekian investor, terdapat kajian yang layak untuk membangun pelabuhan,” kata Wagub.

 

Hal senada diungkapkan Ginta Wirya Senjaya, anggota Tim Pokja Infrastruktur Lampung. “Kemungkinan di 2018 mulai berjalan dengan diawali pembangunan pelabuhan di sekitar Menggala, sebagai prioritas pembangunan dalam mendukung kawasan ekonomi terintegrasi,” kata Ginta.

 

Pembangunan pelabuhan ini akan terkoneksi dengan tol sungai yang akan dibangun dari Tulangbawang, Tulangbawang Barat, hingga Menggala. “Ada tujuh investor terkait pembangunan ini berasal dari Indonesia dan empat dari luar negeri,” kata Ginta. (rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar